kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Benjo Eks TeamLo Meninggal Dunia Karena Stroke, Ini Ciri-Ciri Stroke Ringan Pada Pria


Sabtu, 27 Mei 2023 / 08:21 WIB
Benjo Eks TeamLo Meninggal Dunia Karena Stroke, Ini Ciri-Ciri Stroke Ringan Pada Pria
ILUSTRASI. Benjo Eks TeamLo Meninggal Dunia Karena Stroke, Ini Ciri-Ciri Stroke Ringan Pada Pria


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar duka, Benjo, mantan vokalis grup musik TeamLo meninggal dunia karena stroke. Untuk meminimal risiko, berikut ciri-ciri stroke ringan pada pria serta bahan alami obat herbal untuk mengatasi stroke ringan.

Benjo eks TeamLo atau yang bernama asli Giyarto meninggal dunia pada Jumat (26/5/2023). Benjo eks TeamLo meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RS Dr Oen, Surakarta.

Informasi Benjo eks TeamLo meninggal dunia tersebut sempat disampaikan melalui unggahan stori dan postingan akun Instagram @pan9ben pada Jumat (26/5/2023).

Kabar Benjo eks TeamLo meninggal dunia tersebut juga dibenarkan oleh Manajer TeamLo Lala Hermiyanto. "Iya betul, meninggal tadi jam 13.30 di Rumah Sakit Dr Oen Solo," kata Lala saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (26/5/2023).

Menurutnya, Benjo eks TeamLo meninggal dunia setelah dirawat di ICU karena stroke. Rencananya, almarhum Benjo eks TeamLo akan dimakamkan di TPU Untoroloyo, Mojosongo, Jebres, Surakarta pada Sabtu (27/5/2023) pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Benjo Eks TeamLo Meninggal, Cek Profil & Rekam Jejaknya

Ciri-ciri stroke ringan

Ciri-ciri stroke ringan pada pria bisa terjadi saat usia muda. Namun, banyak orang yang meremehkan ciri-ciri stroke ringan tersebut.

Padahal, mengenali ciri-ciri stroke ringan akan memudahkan penyembuhan. Selain minum obat stroke, sejumlah bahan alami bisa dikonsumsi untuk mengatasi stroke ringan.

Disisi lain, mengabaikan ciri-ciri stroke ringan bisa berujung petaka. Seperti yang dialami presenter Indra Bekti, tiba-tiba mengalami pendarahan otak. Pendarahan otak bisa berujung stroke seperti yang telah dialami presenter dan komedian Tukul Arwana.

Dilansir dari Kompas.com, mengenali ciri-ciri awal stroke ringan pada pria penting untuk mencegah kecacatan fisik atau kematian dini. Perlu diketahui, stroke adalah masalah kesehatan yang terjadi karena pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik) atau penyumbatan darah di otak (stroke iskemik).

Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan (umumnya pada satu sisi tubuh), sulit bicara, susah mengunyah dan menelan, nyeri ekstrem, hingga hilang ingatan. Ciri-ciri awal stroke ringan pada pria dan wanita umumnya sama, namun ada gejala khusus yang hanya dialami laki-laki.

Baca Juga: Penyebab Pendarahan Otak & Ciri-Cirinya, Penyakit Yang Membuat Indra Bekti Dioperasi

Ciri-ciri awal stroke ringan pada pria

Sejumlah ciri-ciri awal atau peringatan dini stroke ringan yang perlu diwaspadai para pria, yaitu:

1. Mati rasa

Salah satu ciri-ciri stroke ringan yang bisa dirasakan para pria yaitu kelemahan yang berujung mati rasa pada wajah, lengan, atau tungkai. Mati rasa umumnya terjadi pada salah satu sisi tubuh.

2. Kebingungan

Pria yang tiba-tiba tampak linglung atau kebingungan juga bisa dicurigai sebagai ciri-ciri stroke ringan. Kebingungan juga sering disertai dengan sulit bicara atau susah memahami topik pembicaraan.

3. Gangguan penglihatan

Waspadai juga ciri-ciri stroke ringan pada pria berupa gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan terkait stroke umumnya membuat pria susah melihat dengan jelas, baik dengan satu atau kedua mata.

4. Hilang keseimbangan

Pria yang terkena stroke dapat mengalami gejala berupa hilang keseimbangan. Hal ini mengakibatkan mereka sulit berjalan, pusing, atau kurang koordinasi.

5. Sakit kepala

Ciri-ciri stroke ringan pada pria lainnya adalah sakit kepala. Dilansir dari Medical News Today, sakit kepala parah yang tak kunjung reda tanpa penyebab yang pasti juga bisa menjadi ciri-ciri awal stroke pada pria.

Semakin cepat mengetahui ciri-ciri awal stroke ringan pada pria, dapat mencegah penyakit menjadi parah serta memperbesar harapan hidup mereka.

Faktor risiko penyebab stroke pada pria

Dikutip dari Verywell Health, tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor risiko utama stroke pada pria. Tekanan darah tinggi ditunjukkan dengan hasil cek tensi di atas 130/80 mmHg. Selain tekanan darah tinggi, berikut faktor risiko lain yang menjadi penyebab stroke pada pria:

  • Usia: semakin tua seseorang, semakin sempit dan keras arteri mereka. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan arteri atau arteriosklerosis.
  • Merokok: menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang memicu serangan stroke.
  • Diabetes: memengaruhi pembuluh darah di otak.
  • Konsumsi alkohol secara berlebihan: alkohol meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan masalah kardiovaskular lainnya yang memicu risiko stroke.
  • Jarang bergerak atau tidak rutin olahraga.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Riwayat keluarga atau faktor genetik.

Obat stroke

Obat stroke Anda perlukan untuk menjaga kesehatan. Selain mengonsumsi obat yang disarankan dokter, beberapa bahan alami juga bisa Anda manfaatkan supaya stroke dapat teratasi dengan baik. Tentu saja Anda perlu memilih bahan alami yang tepat.

Cobalah untuk memilih jenis makanan yang bisa menambah proten sehingga lebih banyak neuron baru terbentuk. Mengonsumsi jenis makanan itu juga bisa mengoptimalkan hasil latihan yang Anda lakukan setelah stroke.

Meski beberapa obat stroke alami di bawah ini bisa Anda konsumsi dengan mudah, pastikan untuk membicarakannya dulu dengan dokter, ya. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan lain yang berpengaruh pada stroke. Misalnya, diabetes, kolesterol tinggi, dan lain-lain.

Berikut daftar obat stroke dari bahan alami seperti diberitakan Kontan.co.id sebelumnya:

Ikan Salmon

Obat stroke ringan dari bahan alami yang pertama adalah ikan salmon. Melansir Flint Rehab (flintrehab.com), ikan salmon baik untuk penderita stroke karena mengandung asam lemak omega-3. Supaya manfaatnya lebih terasa, pastikan untuk mengolah ikan salmon dengan cara yang sehat, ya.

Tomat

Obat stroke ringan dari bahan alami yang kedua adalah tomat. Menurut sebuah penelitian, likopen atau jenis antioksidan dalam tomat mampu mengatasi kerusakan di otak akibat stroke. Jika Anda ingin mengonsumsi tomat, usahakan untuk tidak menambah pemanis buatan.

Alpukat

Obat stroke ringan dari bahan alami yang ketiga adalah alpukat. Selain kaya akan antioksidan, alpukat juga dipenuhi dengan asam oleat yang membuat proses informasi di otak berjalan lebih efektif. Anda bisa menambahkan alpukat pada roti panggan, salad, atau hidangan lain.

Bluberi

Obat stroke ringan dari bahan alami yang keempat adalah bluberi. Flint Rehab merekomendasikan bluberi sebagai salah satu jenis buah yang bisa dikonsumsi penderita stroke. Flavonoid, salah satu antioksidan dalam bluberi, mampu meningkatkan kemampuan kognitif. Jenis buah itu juga dapat mengurangi kolesterol berlebih dalam tubuh.

Kacang dan Biji

Obat stroke ringan dari bahan alami yang kelima adalah kacang dan biji-bijian. Kacang dan biji jadi jenis makanan lain yang dapat dikonsumsi penderita stroke. Bukan tanpa alasan, jenis makanan itu memiliki banyak vitamin E yang bisa mengurangi risiko penurunan kemampuan kognitif. Selain penderita stroke, orang tua juga sebaiknya meningkatkan asupan vitamin E.

Delima

Obat stroke herbal lainnya yang perlu Anda jadikan pilihan adalah delima. Sama seperti bahan alami yang lain, jenis buah itu kaya akan antioksidan yang memberikan proteksi lebih pada otak. Dengan begitu, kerusakan yang lebih parah dapat dicegah.

Itulah ciri-ciri stroke ringan pada pria dan obat stroke dari bahan alami yang perlu dikonsumsi. Selamat jalan Benjo mantan vokalis TeamLo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×