Tips Sehat

Begini tips menjaga kebugaran di tengah pandemi Covid-19 versi Direktur BTN

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 10:05 WIB   Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Begini tips menjaga kebugaran di tengah pandemi Covid-19 versi Direktur BTN

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam situasi pandemi Covid-19, kesehatan menjadi hal paling penting. Salah satu cara paling efektif untuk menjaga kebugaran tubuh tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan sekaligus dengan membiasakan diri untuk berolahraga agar tubuh tetap fit. 

Berolahraga di luar ruangan pun kini menjadi alternatif yang paling digemari, selama tidak dalam kerumunan. Apalagi, banyak ahli yang mengatakan bahwa sinar matahari sangat baik untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh. 

Sebab, sinar matahari tentunya bisa memberikan tubuh asupan vitamin D yang cukup, dan bermanfaat untuk meningkatkan imunitas agar lebih efektif menangkal infeksi. 

Hal ini pun dilakukan oleh petinggi perusahaan. Salah satunya Direktur PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) Setiyo Wibowo yang memang sudah sejak lama sangat gemar melakukan aktivitas olahraga. Menurutnya, selama masa pandemi ini Ia lebih nyaman berolahraga dengan grup kecil maksimal empat orang.

Baca Juga: 5 Gejala Virus Corona ada dalam tubuh Anda

Malah, dalam kesehariannya pria yang akrab disapa Bowo ini lebih banyak berolahraga seorang diri. Tentu, untuk mematuhi protokol kesehatan yaitu mengurangi kontak fisik dengan banyak orang. 

Ada tiga jenis olahraga yang dilakukan Bowo, yaitu lari, bersepeda dan renang. Ketiga jenis olahraga tersebut dilakukan secara bergantian setiap harinya, tergantung situasi dan kondisi pada hari itu. 

Bila cuaca sedang cerah, tak jarang Setiyo melakukan lari pagi. Sedangkan untuk bersepeda biasa dilakukan bersama grup kecil maksimal empat orang. "Saya biasa olahraga 6 kali dalam seminggu, masing-masing 1,5 jam per hari," katanya kepada Kontan.co.id, Jumat (16/10). 

Kebiasaan berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh memang sudah lama dilakukan Bowo. Dia memang sangat menggemari olahraga outdoor yang tidak membutuhkan alat banyak seperti di sasana (gym) pada umumnya. 

Pun, aktivitas semacam ini sangat sesuai dengan kondisi saat ini. "Ini aktivitas yang sangat rendah risiko terkena corona, karena outdoor dan sangat kontak dengan orang lain atau alat-alat olahraga sangat minimum," katanya. 

Untuk olahraga sepeda dan lari, Bowo juga tetap mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya menggunakan masker khusus olahraga atau sepeda, untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19. 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Selanjutnya: Cara membedakan ruam gejala Covid-19 dengan penyakit kulit biasa

 

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru