kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini ketentuan memakai masker kain di tempat umum


Rabu, 01 April 2020 / 12:26 WIB
Begini ketentuan memakai masker kain di tempat umum
ILUSTRASI. Relawan membagikan masker kepada pengguna jalan di kawasan MH.Thamrin, Jakarta, Selasa (17/03). Dokter spasialis paru menyebut masker kain bisa dipakai orang sehat di tempat umum. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masker kesehatan jadi benda yang sangat dibutuhkan saat pandemi virus corona Covid-19 melanda. Harga masker kesehatan seperti masker bedah dan masker N95 juga sulit ditemukan. Bahkan harganya bisa melambung tinggi dari biasanya.

Namun ada kabar gembira bagi masyarakat yang tidak memiliki masker kesehatan. Dokter spesialis paru RS Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Erlina Burhan menuturkan bahwa masyarakat yang sehat dapat menggunakan masker kain saat di tempat umum.

Baca Juga: Prajogo Pangestu sumbang peralatan medis Rp 30 miliar untuk penanganan Covid-19

"Masker kain ini bisa dipakai oleh masyarakat yang sehat digunakan di tempat umum dan fasilitas lainnya, tapi tetap menjaga jarak satu sampai dua meter," terang Erlina dalam konferensi pers via live streaming BNPB pada Rabu (1/4).

Keunggulan masker kain disebut Erlina ialah dapat digunakan berulang dengan dicuci terlebih dahulu. Pencucian masker kain juga dihimbau Erlina harus menggunakan deterjen dan air hangat untuk mematikan virus.

Masker kain dijelaskan Erlina dapat memberikan perlindungan terhadap droplet yang berukuran besar. Namun perlu diketahui bahwa masker kain tidak memberikan perlindungan terhadap aerosol atau airborne.

"Droplet besar bisa tapi perlindungan dari droplet kecil-kecil nggak bisa. Efektivitas reaksinya pada partikel dengan ukuran 3 mikron itu bisa 10%-60% dicegah," imbuhnya.

Baca Juga: Gojek datangkan 5 juta masker dari Tiongkok untuk mitra driver

Namun Erlina menegaskan masker kain tidak bisa digunakan oleh tenaga kesehatan. Ia juga menyebut bahwa penggunaan masker akan efektif untuk pencegahan Covid-19 dengan disiplin menjalani pola hidup bersih dan sehat, salah satunya rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×