Begini Cara Penularan Hepatitis Akut pada Anak Menurut RSCM, Harap Waspada

Rabu, 18 Mei 2022 | 04:20 WIB Sumber: Kompas.com
Begini Cara Penularan Hepatitis Akut pada Anak Menurut RSCM, Harap Waspada


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang dapat memastikan pola penularan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya. 

Namun, menurut Direktur Pelayanan Medik keperawatan dan Penunjang Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Sumariyono, berdasarkan penelitian di Inggris, hepatitis akut dapat menular melalui saluran cerna dan saluran napaas. 

Hal tersebut disampaikan Sumariyono menjawab terkait kekhawatiran hepatitis akut dapat menular melalui udara. 

"Jadi yang yang menonjol atau yang utama adalah yang dari saluran cerna, yang kemudian kedua yang kalau enggak salah berapa, 18 persen berapa itu dengan cara saluran napas," kata Sumardiyono dalam konferensi pers di Gedung Kiara, RSCM, Jakarta Pusat, Selasa (17/5/2022). 

Oleh karena itu, ia mengatakan, pengendalian kasus hepatitis akut harus dilakukan dengan menerapkan pola hidup bersih, seperti mencuci tangan dengan sabun dan mengonsumsi makanan yang higienis. 

Baca Juga: Cara Membedakan Gejala Diare Biasa dengan Hepatitis Akut Misterius

"Kebersihan tangan, makanan higienis terus kemudian satu lagi tetap melaksanakan protokol kesehatan, karena tadi masih terkait juga masih kemungkinan dari saluran napas," ujar dia. 

Sumariyono meminta para orangtua memperhatikan makanan untuk anak mereka agar selalu higienis dan tak saling berbagi makanan di sekolah. 

"Kalau untuk anak-anak yang paling banyak tahu bagaimana perilaku anak-anak, apalagi di sekolah, ada hal-hal khusus jangan sampai berganti-ganti alat makan, dari anak 1 ke anak lain," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "RSCM: Penularan Hepatitis Akut Melalui Saluran Cerna dan Pernapasan"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Icha Rastika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru