CLOSE [X]

Begini Cara Minum Pil KB yang Benar Agar Optimal Cegah Kehamilan

Jumat, 03 Juni 2022 | 11:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Begini Cara Minum Pil KB yang Benar Agar Optimal Cegah Kehamilan

ILUSTRASI. Ilustrasi cara minum pil KB.


KONTAN.CO.ID - Cara minum pil KB seringkali ditanyakan oleh ibu-ibu muda yang baru pertama kali akan melakukan metode KB atau Keluarga Berencana. 

Ada banyak pilihan metode KB diantaranya adalah menggunakan kondom, pil KB, susuk, maupun IUD. Nah, jika Anda ingin menggunakan pil KB maka ada baiknya untuk mengetahui cara minum pil KB yang benar agar hasilnya optimal. 

Selain itu, perlu diketahui bahwa ada dua jenis pil KB yakni pil KB kombinasi yang mengandung hormon estrogen serta progesterone. Serta pil KB mini yang hanya ada hormon progesteron. 

Pil KB kombinasi dapat dipakai oleh semua ibu usia subur namun bagi ibu menyusui pil ini bisa menganggu produksi ASI. Sementara, untuk pil KB mini aman dikonsumsi ibu menyusui karena tidak mengganggu produksi ASI. 

Lantas, bagaimana cara minum pil KB? 

Baca Juga: Cara Menghitung Siklus Menstruasi dan Masa Subur yang tepat

Cara minum pil KB

Dirangkum dari laman DKT Indonesia dan modul Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana Kementerian Kesehatan, berikut adalah cara minum pil KB yang benar termasuk cara minum pil KB untuk pemula: 

1. Minum di hari pertama haid

Cara minum pil KB yakni mulai diminum di hari pertama haid. Pil KB harus diminum setiap hari, lebih baik pada saat yang sama setelah makan malam. Jika dikonsumsi secara teratur maka fungsi pil KB semakin optimal.

2.  Perhatikan alur minum pil KB di balik kemasan

Di balik kemasan pil KB terdapat alur panah yang dilengkapi dengan nama hari. Dilihat dari sisi jumlah pil, kontrasepsi hormonal ini ada yang berisi 21 pil dan 28 pil. 

Pada pil KB berisi 28 pil, terdiri dari 21 pil aktif dan 7 pil plasebo yang biasanya warnanya berbeda dengan pil aktif. Misalnya, hari pertama haid adalah Rabu, maka cara minum pil KB adalah minumlah mulai dari pil yang bertuliskan hari Rabu. 

Lalu ikuti alur panah untuk konsumsi di hari-hari berikutnya hingga habis. Tidak terkecuali pil plasebo pada pil KB berisi 28 tablet. Kemasannya dibuat begitu agar Anda tidak lupa jadwal serta urutan minum pil KBnya.

Baca Juga: Waspada 10 Efek Samping Pil KB: Bisa Ganggu Siklus Haid

3. Hentikan jika muntah dalam waktu dua jam 

Bila muntah dalam waktu 2 jam setelah menggunakan pil KB, maka gunakan metode kontrasepsi yang lain.

4. Bila muntah dan diare lebih dari 24 jam

Bila terjadi muntah hebat atau diare lebih dari 24 jam, maka bila keadaan memungkinkan dan tidak memperburuk keadaan Anda, pil dapat diteruskan. 

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Telat Datang Bulan secara Alami

Bagaimana jika lupa minum pil KB? 

Jika Anda lupa atau terlewat minum pil KB maka segeralah minum pil KB jika telah melewati jadwalnya. Tapi jika jadwal minum pil KB sudah terlewat 24 jam, maka langsung minum 2 pil KB ketika Anda mengingatnya. 

Jika Anda lupa sudah lebih dari 48 jam, konsumsilah pil KB seperti biasa. Namun ada baiknya Anda melengkapi dengan metode kontrasepsi lain jika jadwal minum pil KB. 

Atau tidak berhubungan seksual selama lima hari ke depan. Buatlah alarm pengingat di ponsel, agar jadwal minum pil KB tidak terlewat.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Melasma, Flek, Freckles, dan Hiperpigmentasi pada Wajah

Bila lupa minum pil 3 kali berturut-turut mungkin Anda akan mengalami haid dan hentikan minum pil, minumlah pil yang baru mulai hari kelima haid. Bila tidak mendapatkan haid harus periksa ke klinik untuk tes kehamilan. 

Ketika semua pil KB sudah habis, maka segeralah melanjutkan pada blister baru untuk siklus berikutnya. Karena pil KB merupakan kontrasepsi hormonal, maka akan segera subur ketika berhenti mengkonsumsinya.

Pada permulaan minum pil kadang-kadang mual, pening atau sakit kepala, nyeri payudara, spotting, kelainan seperti ini muncul terutama pada 3 bulan pertama dan lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya. Bila keluhan tetap muncul silahkan konsultasi ke dokter.

Demikian cara minum pil KB yang benar dan cara minum pil KB untuk pemula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru