kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini cara merawat keluarga yang positif Covid-19 di rumah agar tak tertular


Jumat, 09 Juli 2021 / 13:31 WIB
Begini cara merawat keluarga yang positif Covid-19 di rumah agar tak tertular
ILUSTRASI. Ada risiko penularan saat merawat anggota keluarga yang positif Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri di rumah.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Angka infeksi Covid-19 yang semakin tinggi membuat rumah sakit hampir kolaps. Alhasil, tak semua pasien Covid-19 bisa dirawat di rumah sakit. Akibatnya, pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. 

Masalahnya, perawatan pasien Covid-19 di rumah bukan tanpa risiko. Apalagi, dengan merebaknya varian delta yang memiliki kemampuan transmisi atau penularan yang sangat tinggi, bahkan disebut lebih mudah menular dibandingkan varian lainnya. 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Hendra Gunawan SpPD membenarkan, bahwa ada risiko penularan saat merawat anggota keluarga yang positif Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri di rumah. 

Berikut ini 5 cara meminimalkan penularan saat merawat keluarga yang positif Covid-19 di rumah: 

1. Kamar tidur 

Anggota keluarga yang positif Covid-19 harus ditempatkan di kamar berbeda dengan anggota keluarga lain yang negatif. Tempatkan di kamar dengan ventilasi alami yang baik, pencahayaan yang baik, dan ada ruang untuk beribadah. Jika memungkinkan, ada ruang terbuka dengan sinar matahari cukup untuk berjemur dan olahraga untuk membantu menghindarkan stres. 

Selain itu, obat-obatan dan peralatan medis, seperti oxymeter dan thermometer disimpan di dalam kamar, agar pasien bisa selalu memantau kondisi dirinya. 

Baca Juga: Hidung tak bisa cium akibat Covid-19 bikin tak selera makan, coba cara ini

2. Kamar mandi 

Sama seperti kamar tidur, kamar mandi dan tempat cuci tangan juga harus terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Semua peralatan mandi, seperti odol, sabun, dan sisir tidak boleh berbagi dengan anggota keluarga lain, serta harus disimpan di tempat berbeda. 

Jika tidak memungkinkan, maka kamar mandi dan tempat cuci tangan harus sering dibersihkan dengan desinfektan, setiap setelah digunakan oleh anggota keluarga yang positif Covid-19. 

Anggota keluarga yang positif Covid-19 sebaiknya memakai tissue untuk mengelap tangan setelah mencuci tangan dan segera membuangnya ke tempat sampah. Sediakan juga hand sanitizer khusus untuk anggota keluarga yang positif Covid-19.

Baca Juga: Pasien Covid-19 harus tahu, hal-hal ini bisa menyebabkan saturasi oksigen turun




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×