Begini Cara Mengobati Kanker Prostat, Penting untuk Diketahui

Minggu, 07 Agustus 2022 | 06:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Begini Cara Mengobati Kanker Prostat, Penting untuk Diketahui


KONTAN.CO.ID - Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang menyerang alat reproduksi pria. Ada beberapa cara mengobati kanker prostat yang pentung untuk Anda ketahui.

Pada dasarnya, cara mengobati kanker prostat tergantung pada diagnosis penderita oleh dokter. Biasanya, untuk penderita kanker prostat stadium awal akan diberi pengawasan oleh dokter guna melihat perkembangan kanker. 

Selama pengawasan tersebut penderita kanker prostat akan menjalani beberapa tes tertentu untuk mengetahui perkembangan kanker.

Oleh sebab itu, penderita kanker prostat harus sering berkonsultasi dengan supaya pengobatan bisa lebih maksimal.

Baca Juga: Pakai Savefrom untuk Download Foto Instagram dengan Mudah, Cepat Lagi Gratis

Melansir dari Integris Health, berikut beberapa cara mengobati kanker prostat yang perlu Anda ketahui:

Terapi hormon kanker prostat

Salah satu cara mengobati kanker prostat adalah dengan melakukan terapi hormon.

Terapi hormonal biasanya digunakan untuk mengobati kanker prostat pada kasus berulang atau ketika tumor mencapai stadium yang lebih lanjut dan tidak dapat disembuhkan dengan pembedahan atau radiasi.

Dokter menggunakan jenis perawatan ini untuk menekan androgen dalam tubuh Anda. Androgen adalah hormon pria yang membantu pertumbuhan sel kanker prostat.

Testosteron dan dihidrotestosteron (DHT) merupakan androgen yang paling umum, dan mereka diproduksi oleh testis atau kelenjar adrenal.

Pengawasan aktif kanker prostat

Kanker prostat adalah kanker yang termasuk tumbuh lambat, oleh sebab itu banyak dokter merekomendasikan observasi atau pengawasan aktif.

Pengawasan aktif melibatkan kunjungan sering dengan dokter Anda untuk memantau pertumbuhan tumor kanker prostat Anda.

Misalnya, dokter Anda mungkin menyarankan untuk memesan tes antigen spesifik prostat (disebut tes PSA) setiap tiga bulan, bersama dengan biopsi tahunan.

Hasil PSA kurang dari 10 berarti kanker tidak mungkin menyebar. Sedang hasil PSA lebih dari 10 akan membutuhkan diskusi yang lebih panjang tentang bagaimana melanjutkan pengobatan.

Pengawasan dan observasi aktif paling cocok untuk pria yang tidak memiliki gejala atau memiliki tumor yang kecil dan akan tumbuh perlahan.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Grup H Jadi Ajang Pertemuan Para Pemain Bintang

Operasi kanker prostat

Untuk kasus kanker prostat yang lanjut memerlukan pembedahan. Ahli onkologi bedah akan melakukan prostatektomi radikal, prosedur yang menghilangkan kelenjar prostat, jaringan di sekitarnya, dan vesikula seminalis yang membantu membuat air mani.

Operasi kanker prostat menjadi salah satu cara mengobati yang mungkin akan berhasil. Namun, perlu Anda ketahui operasi tersebut akan menimbulkan efek samping, salah satunya disfungsi ereksi.

Pengobatan radiasi kanker prostat

Operasi kanker prostat akan memberikan efek samping. Kebanyakan orang memilih pengobatan radiasi kanker prostat sebagai garis pertahanan pertama.

Radiasi dapat mengobati kanker prostat pada masa pertumbuhannya sebelum tumbuh dan menyebar atau pada stadium lanjut ketika menyebar ke jaringan terdekat.

Jika Anda berisiko terkena kanker prostat atau memiliki gejala yang mungkin mengindikasikan masalah prostat, hubungi ahli urologi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru