Tips Sehat

Begini cara menghilangkan bau badan dan bau mulut dengan daun sirih

Sabtu, 16 Januari 2021 | 11:01 WIB Sumber: Kompas.com
Begini cara menghilangkan bau badan dan bau mulut dengan daun sirih

ILUSTRASI. Untuk menghilangkan bau badan, kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, salah satunya daun sirih.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Punya masalah bau badan? Tentu saja hal itu sangat mengganggu dan membuat kita tidak percaya diri, terutama jika sedang berada di dekat orang lain. 

Ada beragam penyebab bau badan. Menurut Medical News Today, beberapa di antaranya adalah pubertas, rutin makan pedas, kondisi medis tertentu seperti diabetes, hingga terlalu banyak berkeringat. 

Keringat itu sendiri sebenarnya tidak berbau. Kondisi yang membuat keringat bau adalah perkembangbiakan bakteri yang terjadi dengan cepat akibat adanya berkeringat, yang kemudian dipecah menjadi asam dan menimbulkan bau tidak sedap. 

Nah, selain bisa menggunakan produk-produk penghilang bau badan, kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, salah satunya daun sirih. 

Baca Juga: 4 Manfaat daun sirih sebagai obat herbal

Sirih dapat tumbuh subur di pekarangan rumah dan mudah dijumpai di penjual tanaman, sehingga kita bisa menanamnya sendiri di rumah. Menurut SehatQ, kandungan antioksidan di dalam daun sirih berfungsi mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk salah satunya bau badan. 

Tak hanya antioksidan, senyawa antibakteri di dalam daun sirih yang mampu mengusir bau badan secara alami juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut, kebersihan organ vital, fungsi lambung, serta kesehatan kulit.

Baca Juga: Khasiat sawi putih, dari turunkan darah hingga cegah kanker dll

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru