kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini cara menggunakan hand sanitizer yang benar


Minggu, 21 Juni 2020 / 11:15 WIB
Begini cara menggunakan hand sanitizer yang benar


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semenjak pandemi Covid-19 muncul, semua orang wajib menjaga kebersihan, termasuk rutin mencuci tangan, demi mencegah penyebaran virus corona. Menggunakan hand sanitizer atau pembersih tangan dianjurkan, jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun.

Apalagi, hand sanitizer tentu lebih mudah dibawa setiap kali berpergian, ketimbang membawa sabun pencuci tangan. Karena itu, menggunakan hand sanitizer direkomendasikan oleh para ahli untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

Tapi, banyak orang belum menggunakan hand sanitizer dengan benar. Sesuai penelitian baru yang dibuat dan diterbitkan dalam jurnal Emerging Infectious Diseases oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menggunakan hand sanitizer selama setidaknya 30 detik efektif dalam menonaktifkan SARS-CoV-2, yang merupakan virus di belakang pandemi Covid-19.

Baca Juga: Car free day Sudirman-Thamrin kembali digelar hari ini, perhatikan informasi berikut

Namun, untuk itu, penelitian ini hanya menggunakan formulasi pembersih yang mengandung 80% etanol atau 75% isopropil alkohol dan telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dengan demikian, penelitian ini menemukan bahwa dalam 30 detik penggunaan hand sanitizer, virus ditemukan "tidak aktif secara efisien."

Menurut CDC, Covid-19 dapat dengan mudah menyebar di antara manusia bahkan ketika tidak ada gejala. Kebersihan tangan yang efektif sangat penting untuk mencegah penyebarannya.

Untuk menggunakan hand sanitizer secara efektif, CDC mengatakan bahwa seseorang harus mengoleskan gel ke salah satu tangan dan menggosoknya bersama-sama, kemudian pastikan bahwa kita telah menggosoknya ke seluruh jari dan tangan sampai kering. Bersihkan tangan dengan hand sanitizer sama seperti saat kita mencuci tangan dengan sabun dan air.

Baca Juga: Ini panduan lengkap pembelajaran di pesantren dan pendidikan keagamaan dari Kemenag

Selain itu, yang perlu diingat adalah hand sanitizer tidak bisa menghilangkan setiap jenis kuman dan mungkin tidak efektif ketika tangan dalam kondisi kotor atau berminyak. "Itu juga tidak akan menghilangkan bahan kimia berbahaya dari tangan, seperti pestisida dan logam berat," ungkap CDC.

Dengan demikian, mencuci tangan dengan sabun dan air memang masih merupakan cara terbaik untuk membantu mencegah penyebaran kuman. Jadi, jika memungkinkan untuk mencuci tangan pastikan untuk menghabiskan setidaknya 20 detik menyabuni setiap bagian tangan dengan sabun sebelum membilasnya dengan air. (Bestari Kumala Dewi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Jangan Asal Pakai, Begini Cara Menggunakan Hand Sanitizer yang Benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×