Kesehatan Umum

Begini cara alami menurunkan kadar asam urat tinggi

Rabu, 24 Juni 2020 | 13:01 WIB Sumber: Kompas.com
Begini cara alami menurunkan kadar asam urat tinggi

ILUSTRASI. Seseorang menderita asam urat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat, salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat. Alih-alih minum obat, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk menurunkan kadar asam urat tinggi. 

Asam urat merupakan penyakit radang yang diakibatkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh, sehingga kadar asam urat tersebut menumpuk. 

Meski tidak mengancam nyawa, asam urat sering kali dikeluhkan oleh para penderitanya karena rasa nyeri yang mengganggu. 

Baca Juga: Yuk kenali penyebab dan gejala asam urat

Umumnya para penderita asam urat merasa nyeri di bagian sendi-sendi jari, siku, dan lutut yang terasa sangat sakit dan terbakar, terutama di malam hari. 

Penyebab asam urat cukup beragam, tapi kebanyakan penyakit asam urat muncul karena salah memilih makanan.  

Misalnya, seseorang makan makanan dengan kadar purin yang tinggi seperti daging merah, ikan sarden, udang, bayam, kembang kol, tahu, dan tempe.

Asal tahu saja, obat terbaik untuk menurunkan kadar asam urat tinggi adalah memperbaiki pola makan. Tidak hanya itu, para penderita asam urat juga harus menjaga kondisi tubuh dan mengkonsumsi obat. 

Alih-alih mengkonsumsi obat dari dokter, penderita asam urat bisa melakukan beberapa cara untuk menurunkan kadar asam urat. Mengutip dari Meetdoctor berikut sejumlah obat asam urat yang alami: 

Perbanyak minum air putih 

Mengonsumsi air putih minimal delapan sampai sepuluh gelas per hari bertujuan untuk mengencerkan urine. Hal ini juga berfungsi untuk menghambat proses penumpukan asam urat yang berlebihan. 

Mengurangi makanan yang mengandung purin 

Salah satu penyebab terjadinya asam urat adalah terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung purin. Mengurangi makanan yang bersumber dari protein hewani, seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, jeroan, kambing dan ayam, adalah pilihan yang bijaksana. 

Jika Anda ingin mengonsumsi protein, kita dapat memilih protein murni, seperti putih telur, dan sumber protein yang mengandung sumber asam lemak esensial seperti ikan salmon dan tuna. 

Menjaga berat badan 

Menjaga berat badan adalah salah satu cara mengobati asam urat yang cukup ampuh. Bila Anda melakukan diet sehat dan diimbangi dengan olahraga, kandungan asam urat yang berlebihan bisa larut dan dibuang oleh tubuh. 

Namun, Anda tak perlu melakukan olahraga berat jika sedang merasa kesakitan. Cobalah beberapa olahraga ringan, seperti yoga, jalan kaki, dan bersepeda. Meski ringan, kita harus melakukan olahraga ini secara teratur setiap minggu. 

Makan makanan yang tepat 

Salah satu cara menjaga berat badan sebagai pilihan obat asam urat yang alami adalah menjalani diet sehat. Anda bisa memulainya dengan memilih makanan yang termasuk karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran (bit, mentimun, daun selada, kentang, dan zucchini), dan produk susu yang rendah atau bebas lemak. 

Hindari yang manis 

Obat asam urat yang alami adalah menghindari konsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan fruktosa atau pemanis buatan dalam jumlah tinggi. Misalnya, soda dan jus kemasan. Tetapi, jus alami tanpa gula tentu saja boleh diminum. 

Setop minuman beralkohol 

Meminum minuman beralkohol bisa menjadi penyebab asam urat. Bir, misalnya, mengandung kadar purin yang tinggi. Minuman beralkohol juga mengandung banyak kalori yang bisa menjadi penyebab berat badan naik. 

Jadi, hindarilah meminum minuman beralkohol sebagai obat asam urat yang alami.(Glori K.Wadrianto) 

Baca Juga: Kenali gejala dan penyebab seseorang menderita tekanan darah tinggi


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal 6 "Obat" Asam Urat yang Alami"

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru