kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,93   -12,58   -1.37%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bawang Putih Bisa Membahayakan Penderita Asam Lambung? Ini Penjelasannya


Senin, 16 Oktober 2023 / 08:38 WIB
Bawang Putih Bisa Membahayakan Penderita Asam Lambung? Ini Penjelasannya
ILUSTRASI. Jika Anda mengalami asam lambung, dokter biasanya menyarankan untuk tidak makan bawang putih.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Apa itu penyakit asam lambung? Refluks asam terjadi ketika asam dari lambung mengalir mundur ke kerongkongan. Asam ini dapat mengiritasi lapisan kerongkongan. Makanan tertentu, seperti bawang putih, dapat menyebabkan kondisi ini terjadi lebih sering.

Meskipun bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, umumnya dokter tidak menganjurkan makan bawang putih jika Anda mengalami asam lambung. Namun, tidak semua orang memiliki makanan pemicu yang sama. Apa yang memengaruhi satu orang dengan refluks asam mungkin tidak memengaruhi Anda.

Manfaat bawang putih

Melansir Healthline, banyak orang telah menggunakan bawang putih sebagai obat selama ribuan tahun. Ini adalah obat tradisional untuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

Bawang putih memiliki efek positif pada pembuluh darah dan bahkan bertindak sebagai pengencer darah. Ini dapat mengurangi risiko untuk kanker perut dan usus besar tertentu.

Sifat-sifat ini terutama berasal dari senyawa belerang allicin. Allicin adalah senyawa aktif utama dalam bawang putih.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ada dasar medis yang kuat untuk manfaat yang diusulkan ini. Penelitian terbatas tersedia mengenai apakah ada hubungan langsung antara konsumsi bawang putih dan gejala asam lambung.

Baca Juga: 8 Khasiat Jahe, Salah Satunya Bisa Kurangi Gula Darah Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Risiko dan peringatan

Kebanyakan orang bisa makan bawang putih tanpa mengalami efek samping. Jika Anda mengalami asam lambung, dokter biasanya menyarankan untuk tidak makan bawang putih.

Terlepas dari apakah Anda menderita asam lambung, konsumsi bawang putih membawa sejumlah efek samping ringan. Ini termasuk:

- maag
- sakit perut
- nafas dan bau badan

Karena konsumsi bawang putih dikaitkan dengan mulas, diduga meningkatkan kemungkinan mulas pada penderita asam lambung.

Seseorang lebih mungkin mengalami efek samping, terutama mulas, jika dia makan bawang putih mentah. Asupan tambahan, terutama pada dosis tinggi, dapat menyebabkan mual, pusing, dan kemerahan pada wajah.

Suplemen bawang putih juga dapat mengencerkan darah, jadi sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan warfarin (Coumadin) atau aspirin. Anda juga harus menghindari mengonsumsi suplemen bawang putih sebelum atau sesudah operasi.

Jadi, yang perlu digarisbawahi, jika Anda mengalami refluks asam yang parah, sebaiknya hindari makan banyak bawang putih, terutama dalam bentuk mentah. 

Baca Juga: Apakah Madu Buat Asam Lambung Sembuh? Cek Ciri-Ciri Asam Lambung yang Parah

Jika Anda tidak ingin melepaskan bawang putih, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah ini pilihan untuk Anda.

Mereka mungkin menyarankan Anda mengonsumsi bawang putih dalam jumlah kecil dan mencatat reaksi apa pun yang mungkin Anda alami selama seminggu. Dari sana, Anda dapat menilai gejala apa pun yang Anda alami dan mengidentifikasi makanan pemicunya.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×