Kesehatan Umum

Bawang putih ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, begini cara konsumsinya

Rabu, 05 Agustus 2020 | 12:06 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Bawang putih ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, begini cara konsumsinya

ILUSTRASI. Warga menunjukkan kualitas bawang putih yang dijual saat operasi pasar bawang putih di Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat (10/5/2019). Kementerian Perdagangan menyediakan 8 ton bawang putih pada operasi pasar tersebut yang dijual dengan harga Rp25 ribu pe

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bawang putih, obat herbal yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. 

Tekanan darah tinggi alias hipertensi salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat. Tekanan darah tinggi memang tidak menular tapi bisa menyerang siapa saja. 

Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi harus segera ditangani. Bila dibiarkan, tekanan darah tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Baca Juga: Buah mengkudu, obat herbal yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Mengutip dari Kompas.com, berdasarkan data WHO seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi bila tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. 

Tekanan darah tinggi muncul karena dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah gaya hidup tidak sehat. Makanan yang mengandung garam tinggi juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. 

Kurang tidur, obesitas, konsumsi kafein berlebihan juga bisa meningkatkan seseorang menderita tekanan darah tinggi. 

Saat tekanan darah tinggi kumat, penderita akan menunjukkan sejumlah gejala seperti. 

  • Sakit kepala 
  • Mimisan 
  • Susah tidur 
  • Berkeringat 
  • Wajah memerah
  • Gelisah
  • Pusing 

Biasanya penderita akan mengonsumsi obat resep dokter untuk menurunkan tekanan darah tingginya. Opsi lainnya, penderita bisa mengonsumsi obat herbal untuk meredakan tekanan darah tinggi. 

Cukup banyak tanaman dan rempah yang dipercaya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, bawang putih salah satunya. 

Bawang putih obat darah tinggi 

Siapa yang tidak kenal dengan bawang putih. Ya, bawang putih merupakan bumbu dapur yang sering digunakan ketika memasak. 

Selain jadi bumbu dapur, bawang putih juga dikenal sebagai obat herbal. Bawang putih dipercaya ampuh mengobati sejumlah penyakit seperti kolesterol dan darah tinggi. 

Namun perlu diketahui, penderita darah tinggi tidak boleh asal mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tingginya. 

Sebab, ada cara khusus mengonsumsi bawang putih yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Mengutip dari Grid.id, berikut cara mengonsumsi bawang putih sebagai obat herbal darah tinggi. 

Bahan 

  • Bawang putih 1 siang 

Anda cuci dan kupas bawang putih. Kemudian, Anda kukus bawang putih selama beberapa menit. Anda makan satu siung bawang putih kukus dua kali sehari.   

Cara lainnya, Anda bisa merebus bawang putih tersebut selama lima menit. Setelah itu, Anda bisa mengonsumsi bawang putih rebus dengan makanan lainnya. 

Selain mengonsumsi bawang putih, ada baiknya Anda mulai menjalankan pola hidup sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Daun kumis kucing ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, begini cara konsumsinya

 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru