kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,63   6,99   0.75%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Batuk Kering? Simak 5 Obat Alami yang Bisa Bantu Meredakan


Senin, 21 Februari 2022 / 16:08 WIB
Batuk Kering? Simak 5 Obat Alami yang Bisa Bantu Meredakan
ILUSTRASI. Obat alami untuk batuk kering.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Batuk kering adalah salah satu jenis batuk yang tidak menghasilkan atau mengeluarkan lendir berlebih di saluran pernapasan. Anda bisa mencoba obat alami untuk batuk kering.

Maklum, walaupun tidak berlendir, batuk kering ini cukup mengganggu serta harus segera ditangani. 

Cara pertama tentunya untuk segera melakukan pengecekan dan berkonsultasi ke dokter agar batuk kering tersebut bisa segera teratasi. 

Alternatif lain, Anda juga bisa mengobati batuk kering dengan bahan-bahan alami yang ada di setiap rumah. 

Melansir dari Pharmeasy, terdapat beberapa rekomendasi obat-obatan berbahan alami yang bisa membantu meredakan batuk kering. Obat alami untuk batuk kering di antaranya: 

1. Garam 

Batuk kering dipercaya bisa reda dengan menggunakan garam. Pasalnya, garam mampu meredakan peradangan akibat batuk kering. 

Caranya, Anda yang tinggal mencampur 1/2 sdt garam dengan air hangat. Lalu, gunakan campuran air garam tersebut untuk berkumur sehingga dapat meredakan batuk kering yng diderita. 

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak, Gunakan Bahan Alami Ini

2. Capsaicin

Rekomendasi obat alami untuk batuk kering selanjutnya adalah capsaicin. Capsaicin adalah senyawa yang terkandung di dalam cabai yang mampu meredakan batuk kering. 

Caranya mendapatkan capsaicin cukup mudah, Anda hanya tinggal merebus cabai, lalu meminum air rebusan cabai yang sudah mengandung capsaicin tersebut yang dipercaya dapat meredakan peradangan akibat batuk. 

3. Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang memiliki banyak khasiat, salah satunya dapat meredakan batuk kering. Sebab, ekstrak kunyit mengandung antiseptik, antivirus dan antiinflamasi yang mampu mengobati batuk kering. 

Baca Juga: 6 Manfaat Madu bagi Kesehatan Wajah, Bisa Hilangkan Komedo dan Jerawat

4. Jahe 

Obat alami batuk kering lainnya yaitu jahe. Jahe terbilang cukup efektif meredakan batuk karena mengandung antinflamasi yang mampu meredakan peradangan akibat batuk tersebut. 

Tidak hanya itu, mengonsumsi jahe juga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh khususnya saat pandemi covid-19 seperti sekarang. 

5. Daun mint

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan daun mint sebagai obat batuk kering. Pasalnya, daun mint mengandung mentol yang mampu meredakan tenggorokan akibat gatal karena batuk. 

Rebus beberapa helai daun mint, lalu minum secara rutin air rebusan tersebut sampai batuk kering membaik dan sembuh. 

Demikian obat-obat alami yang bisa Anda manfaat untuk mengobati batuk kering. Jika obat alami tersebut tidak berpengaruh atau disarankan untuk pergi ke dokter agar pengobatan menjadi lebih maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×