Batuk kering? Coba atasi dengan obat alami ini

Jumat, 17 September 2021 | 16:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Batuk kering? Coba atasi dengan obat alami ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batuk kering adalah kondisi di mana Anda kesulitan untuk mengeluarkan dahak yang ada di saluran pernapasan. Supaya kondisinya tak bertambah parah, ada beberapa obat batuk kering yang sebaiknya Anda coba.

Selain infeksi flu, masih banyak faktor lain yang jadi penyebab batuk kering. Mulai dari asam lambung naik atau GERD, asma, asap rokok, dan lain sebagainya. Tak hanya orang dewasa, batuk kering juga bisa dialami anak-anak yang mana membuat tubuh terasa tak nyaman.

Nah, bahan-bahan alami ini bisa Anda manfaatkan untuk mengobati batuk kering. Sebagai catatan, bahan alami dalam artikel ini hanya sebagai pelengkap, ya. Apabila batuk kering tak kunjung sembuh dan muncul gejala lain yang lebih serius, segera periksakan diri ke dokter.

Madu

Madu merupakan obat batuk yang cukup sering digunakan oleh banyak orang. Anda hanya perlu menambahkan madu pada air hangat atau teh herbal. Antibakteri dalam madu akan membersihkan benda asing penyebab batuk kering.

Baca Juga: Menghilangkan bau badan, ini 4 manfaat beluntas untuk kesehatan

Jahe

Mengutip Healthline (healthline.com), jahe memiliki antibakteri dan antiinflamasi. Selain mengurangi rasa tak nyaman akibat batuk, kandungan itu pun mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, batuk menjadi lebih cepat sembuh.

Air Garam

Obat batuk kering lainnya yang mudah dicoba adalah berkumur dengan air garam. Pertama, campur 1 sdt teh dalam satu gelas air hangat. Gunakan campuran itu untuk berkumur beberapa kali dalam sehari. Selain membunuh bakteri, kandungan di air garam juga efektif meredakan tenggorokan yang iritasi.

Baca Juga: Yogurt hingga teh, obat flu dan batuk bisa dari 4 bahan ini

Minyak Kayu Putih

Tahukah Anda bahwa minyak kayu putih bisa dipakai untuk mengobati batuk? Anda hanya perlu mencampur beberapa tetes minyak kayu putih ke air hangat. Hirup uap yang keluar supaya batuk kering bisa sembuh. Selain itu, mencampur minyak kayu putih ke humidifier juga bisa Anda coba.

Kunyit

Kunyit berguna sebagai obat batuk kering.

Bahan alami lain yang disarankan Healthline sebagai obat batuk kering adalah kunyit. Jenis rempah itu memiliki curcumin yang berperan sebagai antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi. Untuk memaksimalkan efeknya, campupr 1 sdt kunyit dan 1/8 sdt lada hitam dalam teh hangat atau makanan bergizi lain.

Selanjutnya: Jadi obat batuk herbal, inilah 5 manfaat daun binahong

Editor: Belladina Biananda
Terbaru