Batu Ginjal: Catat Makanan Pencegah dan Fakta yang Perlu Diketahui

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 15:05 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Batu Ginjal: Catat Makanan Pencegah dan Fakta yang Perlu Diketahui


KONTAN.CO.ID - Penderita batu ginjal penting sekali untuk menjaga asupan makanan. Bahkan, ada beberapa makanan pencegah batu ginjal yang penting untuk Anda konsumsi.

Selain mampu mencegah batu ginjal, mengonsumsi makanan yang dimaksud juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Batu Ginjal sendiri adalah penyakit yang cukup berbahaya karena munculnya benda padat yang dapat menyumbat di saluran kemih.

Benda padat yang seperti batu tersebut disebabkan oleh endapan urine yang dipengaruhi oleh banyak faktor.

Baca Juga: Cacar Monyet: Kenali Gejala dan Penularan yang Perlu Diwaspdai

Fakta tentang batu ginjal

Melansir dari Lifespan ada beberapa fakta tentang batu ginjal yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  • Kalsium tidak menyebabkan batu ginjal. Bahkan, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang kalsium dapat membatu mencegah batu ginjal, lo.
  • Penderita batu ginjal mempunyai ukuran batu yang berbeda. Ini juga berpengaruh terhadap cara perawatan yang juga berbeda.
  • Pola makan adalah hal yang penting untuk mencegah terkena penyakit batu ginjal.

Lantas makanan apa saja yang dapat mencegah batu ginjal?

Melansir dari Lifespan, simak beberapa jenis makanan pencegah batu ginjal yang perlu Anda ketahui:

Air putih

Rasanya sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat mencegah batu ginjal. 

Meski sebuah minuman, mengonsumsi atau memenuhi asupan cairan harian adalah hal yang penting untuk mencegah batu ginjal. Lifespan merekomendasikan dua sampai tiga liter air setiap hari.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Grup H Jadi Ajang Pertemuan Para Pemain Bintang

Lemon

Makanan pencegah batu ginjal selanjutnya adalah lemon. Anda bisa mengonsumsi langsung atau mengolah lemon menjadi berbagai jenis makanan atau minuman.

Lemon merupakan buah yang mengandung asam sitrat yang menghentikan pembentukan batu ginjal dan membantu memecah batu yang sudah terbentuk. 

Sayuran

Beberapa jenis sayuran tertentu juga merupakan makanan pencegah batu ginjal loh. Contohnya, kubis, brokoli dan kangkung jika dikonsumsi dalam porsi sedang mampu mencegah penyakit batu ginjal.

Beberapa jenis sayuran tersebut mengandung banyak potasium dan antioksidan yang mampu menghentikan pembentukan batu ginjal, kanker kandung kemih, prostat, dan ginjal.

Biji-bijian utuh

Sebagian besar biji-bijian utuh mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk mencegah penyakit batu ginjal. Oleh sebab itu, mengonsumsi biji-bijian utuh mampu membatu mengobati penyakit batu ginjal.

Baca Juga: SSSTikTok Situs Mudah Tinggal Tempel Link Untuk Download Video TikTok Tanpa Watermark

Susu dan yogurt

Susu dan yogurt merupakan makanan yang dapat mencegah batu ginjal loh. Soalnya, kalsium yang terkandung dalam susu dan yogurt dapat menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.

Itulah beberapa makanan pencegah batu ginjal. Meski demikian, jangan mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan dan pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru