kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Banyak Pegawai Pemerintahan Obesitas, Ini Cara Mengecilkan Perut Buncit Dalam 30 Hari


Rabu, 17 Juli 2024 / 05:59 WIB
Banyak Pegawai Pemerintahan Obesitas, Ini Cara Mengecilkan Perut Buncit Dalam 30 Hari
ILUSTRASI. Banyak Pegawai Pemerintahan Obesitas, Ini Cara Mengecilkan Perut Buncit Dalam 30 Hari


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Mengecilkan Perut - Jakarta. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan penderita obesitas di Indonesia banyak terjadi pada kalangan pegawai pemerintahan. Berikut cara mengecilkan perut bagi pria dan wanita yang mengalami obesitas. Cara mengecilkan perut ini bukan hanya untuk menghilangkan perut buncit tapi juga bisa bikin perut rata.

Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidak-seimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan. Obesitas harus diwaspadai karena bisa mengundang banyak gangguan kesehatan, salah satunya penyakit jantung.

Oleh karena itu, penderita obesitas harus menurunkan berat badan hingga ke angka ideal. Berapa berat badan ideal laki-laki dan wanita?

Diberitakan Kompas.com, Kemkes baru-baru ini merilis Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 yang berisi data dasar dan informasi kesehatan berbasis komunitas. Berdasarkan hasil survei itu, pegawai negeri sipil (PNS), anggota polisi dan TNI serta pegawai pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) termasuk profesi dengan tingkat prevalensi obesitas tertinggi di Indonesia.

Survei ini merupakan hasil wawancara, pengukuran, dan pemeriksaan di 38 provinsi Indonesia sepanjang 2023. SKI juga menggunakan sampel representatif sebanyak 315.646 rumah tangga yang terdiri dari 877.531 anggota rumah tangga dan 34.065 blok sensus.

Hasilnya, orang Indonesia yang bekerja sebagai PNS, TNI, Polri, dan pegawai BUMN/BUMD dinyatakan sebagai penderita obesitas tertinggi di antara pekerjaan lain di Indonesia.

Profesi penderita obesitas terbanyak

Kemenkes mendefinisikan orang-orang dewasa mengalami obesitas sentral atau obesitas abdominal, jika memiliki kumpulan lemak abdominal berlebihan pada area abdomen atau perut.

Penduduk dewasa berusia kurang dari atau sama dengan 15 tahun dinyatakan mengalami obesitas sentral jika memiliki lingkar perut dengan ukuran berikut:

  • Laki-laki: > 90 cm
  • Perempuan: > 80 cm

Kemenkes kemudian menilai status gizi penduduk di atas 18 tahun dalam bentuk indeks massa tubuh (IMT). Indikator ini didasarkan pada pengukuran berat badan dan tinggi badan. Hasilnya, 32 persen orang yang bekerja sebagai PNS, TNI, Polri, dan pegawai BUMN/BUMD menderita obesitas.

Berdasarkan jenis kelamin, laki-laki yang bekerja menjadi PNS, TNI, Polri, dan pegawai BUMN/BUMD menjadi penderita obesitas terbanyak, dibandingkan laki-laki dari profesi lain, yakni mencapai 29,3 persen.

Sementara, ada 36,1 persen perempuan PNS, TNI, Polri, dan pegawai BUMN/BUMD yang obesitas. Ini menempatkan profesi tersebut berada pada posisi kedua terbanyak setelah wiraswasta perempuan dengan 38 persen.

Berikut daftar persentase prevalensi penderita obesitas di Indonesia, berdasarkan profesinya menurut survei Kemenkes:

  • PNS/TNI/Polri/BUMN/BUMD (32,0 persen)
  • Lainnya (26,9 persen)
  • Wiraswasta (24,9 persen)
  • Pegawai swasta (23,6 persen)
  • Buruh/sopir/pembantu tua (16,1 persen)
  • Nelayan (15,4 persen)
  • Petani/buruh tani (13,7 persen)

Cara mengecilkan perut

Dilansir dari Kompas.com, cara mengecilkan perut buncit dan mendapatkan perut rata bisa diperoleh dalam 30 hari saja. Pelatih kebugaran Swiss, Laura Endres memiliki tips ampuh yang cocok diterapkan untuk mengecilkan perut buncit dengan perpaduan diet dan olahraga.

Bukan hanya membatasi makanan, kita juga diharuskan menambahkan latihan beban dan berbasis kekuatan untuk mewujudkan keinginan itu.

Baca Juga: Cara Meratakan Perut Buncit, Lari atau Jalan Kaki Membakar Berapa Kalori?

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari

Tips ala Laura Endres ini cocok diaplikasikan jika kita ingin memiliki penampilan lebih baik saat liburan atau acara penting dengan perut rata. Kondisi fisik yang lebih bugar dan bebas lemak tentunya membuat kita makin percaya diri.

Berikut panduan cara mengecilkan perut buncit memiliki perut rata dalam 30 hari:

  • Membatasi porsi makanan

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari yang pertama adalah membatasi porsi makanan. Penelitian menunjukkan konsumsi porsi besar bisa menjadi salah satu penyebab utama obesitas. Endres menyarankan untuk membagi porsi makanan terlebih dahulu agar tidak makan berlebihan. “Saat Anda membaca label, Anda akan menemukan ukuran porsi yang direkomendasikan jauh lebih kecil dari yang Anda kira,” terangnya.

Konsumsi makanan padat nutrisi Perut yang rata bisa didapatkan dengan menghilangkan lemak dan menjaga berat badan ideal. Hindari makanan siap saji dan pilih makanan alami yang utuh, sehat dan kaya nutrisi.

"Anda akan memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan, membentuk otot, dan membentuk tubuh."

Pertimbangkan mengganti makanan ringan olahan dengan pilihan yang lebih alami seperti buah yang kaya serat. Selain itu, protein tanpa lemak, oatmeal kaya serat, dan lemak sehat seperti alpukat dapat membantu mengempiskan perut.

  • Minum lebih banyak air

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari yang kedua adalah minum lebih banyak air. Asupan air berperan penting untuk menurunkan lemak tubuh. “Kebanyakan orang mengalami dehidrasi dan bahkan tidak menyadarinya,” jelas Endres.

“Tubuh Anda bergantung pada air untuk melakukan sebagian besar fungsi, termasuk menghilangkan limbah dan membakar lemak. Dan, sering kali Anda akan merasa kenyang lebih lama jika minum banyak air.”

Selain itu, air meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh berfungsi tetap teratur.

  • Taktik 'Eat, Wait'

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari yang ketiga adalah taktik eat, wait. Endres menjelaskan taktik ini dilakukan dengan mengonsumsi makanan dalam porsi terkontrol lalu menunggu selama 30 menit untuk melihat apakah kita masih lapar.

Jika iya, kita bisa makan sedikit lebih banyak, sekitar setengah porsi. “Namun sering kali, Anda akan merasa puas,” terangnya.

Penting untuk tidak menahan diri saat merasa lapar karena kekurangan kalori dapat menyebabkan masalah lain seperti sembelit, disfungsi kekebalan, dan bahkan penambahan berat badan bagi sebagian orang.

  • Jalan kaki

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari yang keempat adalah rutin jalan kaki. Jalan kaki secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan dan membuat perut rata.

Tak perlu olahraga secara khusus tapi membiasakan diri untuk lebih sering misalnya dengan menggunakan tangga atau jalan kaki saat belanja dibandingkan naik kendaraan. Berjalan selama 10 menit setelah makan dapat membantu pencernaan, jalan kaki di pagi hari bisa meningkatkan energi sekaligus kesehatan jantung dan paru-paru.

  • Latihan kekuatan untuk membangun otot bebas lemak

Cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari yang kelima adalah melakukan latihan kekuatan untuk membangun otot bebas lemak. Latihan kekuatan dengan beban berat badan sendiri atau resistance band untuk membentuk otot tanpa lemak sangatlah penting. Alasannya, otot membakar lebih banyak kalori jika dibandingkan dengan lemak.

Tetapkan rutinitas latihan efektif untuk membentuk otot sesuai keinginan kita. Gabungkan latihan seperti squat, plank, lunge, hanging leg raise, russian twists, dead bug, dan scissor kicks ke menu latihan fisik kita.

Pahami batasnya Kenali kebutuhan tubuh untuk tahu batasannya dan tidak berlebihan. “Beberapa orang berpikir mereka perlu melakukan olahraga yang sangat berat setiap hari untuk menjadi kurus," urai Endres.

Biasanya, hal itu hanya akan membuat orang semakin lelah dan lapar sehingga tubuhnya sulit pulih. Akibatnya, kita cenderung malas untuk melakukannya kembali dan gagal mendapatkan perut rata yang diimpikan.

Itulah cara mengecilkan perut & membentuk perut rata dalam 30 hari yang bisa dilakukan oleh penderita obesitas. Jangan lupa untuk menghindari penyebab perut buncit agar lebih cepat rata.

Baca Juga: Banyak PNS, Polisi, Tentara Kegemukan, Cek Tips Jalan Kaki Menurunkan Berat Badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×