kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak Orang Memakai Nose Sanitizer Untuk Mengatasi Covid-19, Ini Kata Dokter


Jumat, 04 Februari 2022 / 14:26 WIB
Banyak Orang Memakai Nose Sanitizer Untuk Mengatasi Covid-19, Ini Kata Dokter
ILUSTRASI. ilustrasi. Banyak Orang Memakai Nose Sanitizer Untuk Mengatasi Covid-19, Ini Kata Dokter


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Peningkatan jumlah kasus Covid-19 akibat Omicron kembali memunculkan tren baru, yakni penggunaan nose sanitizer. Apa itu nose sanitizer? Apakah nose sanitizer efektif atau ampuh melawan virus corona penyebab Covid-19?

Nose sanitizer adalah alat spray hidung. Nose sanitizer diklaim dapat mengobati ataupun mencegah Covid-19 dalam waktu singkat. Hal ini sempat pula dibicarakan netizen di media sosial sehingga banyak yang langsung membelinya untuk melindungi diri.

Tren soal penggunaan nose sanitizer ini menarik perhatian dr Adam Prabata, dokter umum yang aktif membagikan edukasi kesehatan di media sosial. Dalam siaran live Instagram bersama pakar THT, dr.Muslim Kasim,M.Sc,Sp.THT-KL, ia mengulas soal tren terbaru penggunaan nose sanitizer untuk mengatasi infeksi virus corona penyebab Covid-19 ini.

Apa pendapat kedua pakar ini tentang nose sanitizer ?

Baca Juga: Kasus Covid-19 3 Februari 2022 Meroket, Ini Rekomendasi IDI Bagi Orang Positif Corona

Menguji tren nose sanitizer untuk obati Covid-19

Dikutip dari akun @adampbrata, ada penelitian yang telah menguji manfaat nose sanitizer ini untuk pasien Covid-19. Riset ini dilakukan di Inggris pada 40 orang, menggunakan nose sanitizer atau spray hidung dengan kandungan Nitric Oxide (NO). Nose sanitizer ini hanya diberikan kepada pasien Covid-19 yang tergolong bergejala ringan.

Hasilnya, terjadi 95 persen penurunan konsentrasi virus penyebab Covid-19 dalam 24 jam setelah menggunakan nose sanitizer. Sedangkan 99 persen penurunan konsentrasi virus penyebab Covid-19 terjadi dalam 72 jam.

Pada skala penelitian itu, nose sanitizer dengan kandungan NO yang dipakai menunjukkan manfaat mempercepat perbaikan keluhan akibat Covid-19. Kegunaan lainnya, terbukti meningkatkan kemungkinan perbaikan keluhan Covid-19. Namun, yang harus digarisbawahi, hasil tersebut hanya terjadi pada pasien Covid-19 ringan.

Dokter Adam dan Dokter Muslim berpendapat, efektivitas nose sanitizer untuk pengobatan Covid-19 sebenarnya belum diketahui secara pasti. "Hingga saat ini, belum ada penelitian skala besar yang menunjukkan angka efektivitas nose sanitizer atau spray hidung untuk mecegah atau mengobati Covid-19."

Saat ini, penelitian soal angka efektivitas produk nose sanitizer tersebut terhadap Covid-19 masih berjalan. Akan lebih baik jika kita tetap menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan agar dijauhkan dari Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tren Pakai "Nose Sanitizer" untuk Obati Covid-19, Ini Pendapat Ahli",


Penulis : Sekar Langit Nariswari
Editor : Sekar Langit Nariswari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×