kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45847,74   8,12   0.97%
  • EMAS1.355.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak Makanan Manis Saat Lebaran, Ini Cara Mencegah Gula Darah Naik Saat Idul Fitri


Kamis, 11 April 2024 / 06:58 WIB
Banyak Makanan Manis Saat Lebaran, Ini Cara Mencegah Gula Darah Naik Saat Idul Fitri
ILUSTRASI. Banyak Makanan Manis Saat Lebaran, Ini Cara Mencegah Gula Darah Naik Saat Idul Fitri


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Mencegah Gula Darah Naik - Jakarta. Selalu ada banyak kue dan makanan serta minuman manis saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Berikut cara mencegah gula darah naik saat perayaan Idul Fitri. Waspadai juga tanda-tanda gula darah naik pada wanita dan pria akibat kebanyakan konsumsi makanan dan minuman manis. 

Umat Islam Indonesia merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H pada 10 April 2024. Perayaan Lebaran 2024 masih akan berlangsung setidaknya hingga 14 April mendatang.

Saat perayaan Lebaran, selalu ada kue dan makanan serta minuman manis di meja tamu dan meja makan. Padahal, kue serta makanan dan minuman manis adalah panganan dengan indek glikemik tinggi yang bisa meningkatkan kadar gula darah. 

Lalu, bagaimana cara mencegah gula darah naik saat perayaan Lebaran?

Cara  mencegah gula darah naik saat Lebaran

Diberitakan Kompas.com, berikut cara mencegah gula darah naik saat Lebaran:

1. Perhatikan porsi

Cara  mencegah gula darah naik saat Lebaran yang pertama adalah memperhatikan porsi makan. Dokter spesialis penyakit dalam Rudy Kurniawan mengatakan, hal paling penting dalam menjaga kadar gula darah tidak naik utamanya dengan memperhatikan porsi makan.

Melakukan kontrol porsi dapat membantu mencegah gula darah naik atau melonjak tinggi terutama dalam menyantap makanan-makanan manis dan berlemak saat Lebaran. “Kita harus tau porsinya seberapa, menurut saya coba sepotong dua potong kue tidak masalah,” ujarnya dalam acara diskusi tentang diabetes di Jakarta beberapa waktu lalu.

Bisa juga saat makan dengan mengisi piring makan berbagai sayuran sehingga akan memberikan efek kenyang tanpa harus mengasup banyak makanan.

2. Tetap olahraga

Cara  mencegah gula darah naik saat Lebaran yang kedua adalah tetap olahraga di sela-sela perayaan Idul Fitri. Mengimbangi banyaknya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan. “Hidup sehat tidak hanya dari menjaga makanan tapi aktivitas fisik juga. WHO menganjurkan olahraga idealnya 5 kali seminggu, 30 menit per hari dan minimal 3 kali per minggu,” tambah dr. Rudy.

Aktivitas fisik tidak harus berat, bisa dengan banyak berjalan kaki di sela agenda silaturahmi saat Lebaran.

3. Kontrol asupan karbohidrat

Cara  mencegah gula darah naik saat Lebaran yang ketiga adalah kontrol asupan karbohidrat. Tubuh memecah karbohidrat menjadi gula (sebagian besar glukosa), kemudian insulin memproses gula ke dalam sel. Ketika makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah dengan fungsi insulin, proses ini gagal dan kadar glukosa darah meningkat.

“Kemenkes punya anjuran isi piringku. Di mana setengah porsinya adalah sayur buah, seperempatnya protein lemak, dan seperempatnya adalah karbohidrat. Ketika itu dilanggar atau gula, garam, lemaknya berlebih, akibatnya makannya menjadi tidak sehat,” kata dr. Rudy.

Kenali juga jenis makanan dengan karbohidrat tinggi. Selain nasi, mi, atau lontong, karbohidrat sederhana bisa ditemukan pada berbagai camilan manis atau minuman manis.

4. Rutin cek kadar gula darah

Bagi penderita diabetes atau orang-orang yang memiliki riwayat gula darah tinggi, penting untuk melakukan pengecekan kadar gula darah secara mandiri dengan rutin menggunakan glucometer.

Alat ini ringkas dan mudah digunakan, sehingga dapat sangat membantu mengetahui berapa tingkat gula darah saat ini. Hasil dari pengukuran itu kemudian bisa menjadi acuan dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Apakah kira-kira masih bisa menambah, atau harus dicukupkan.

Baca Juga: Tak Ingin Kadar Gula Darah Tinggi? Pantang Konsumsi 11 Makanan & Minuman Ini

12 ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria

Makanan dan minuman manis bisa meningkatkan gula darah naik saat perayaan Lebaran. Untuk mencegah diabetes, penting mengenali ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria.

Ada 12 ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang penting untuk dipahami. Pasalnya, banyak orang Indonesia yang mengalami gula darah tinggi dan menderita diabetes.

Memahami 12 ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Jika Anda mengalami gejala gula darah tinggi, bisa langsung melakukan upaya untuk menurunkannya sehingga tidak semakin tinggi dan menjadi diabetes.

Lalu apa saja 12 ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria?

Dilansir dari Kompas.com. ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria dapat muncul ketika glukosa yang semestinya digunakan sebagai sumber energi justru berada di dalam darah. 

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) menyatakan tubuh memecah sebagian besar asupan yang dikonsumsi sehari-hari menjadi gula atau glukosa, lantas melepaskannya ke aliran darah. 

Saat gula darah naik, pankreas melepaskan hormon insulin. Hormon ini bertindak sebagai kuncian agar gula darah masuk ke sel-sel tubuh dan dapat digunakan sebagai energi. 

Ketika seseorang terkena diabetes, pankres tidak dapat memproduksi hormon insulin yang cukup, atau hormon ini tidak dapat digunakan secara efisien. 

Absennya hormon pengontrol gula di dalam tubuh ini menyebabkan gula atau glukosa tetap berada di aliran darah dan kadar gula darah tinggi. Kondisi ini apabila tidak dikendalikan lambat laun bisa merusak kesehatan jantung, mata, sampai ginjal. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit kronis ini, kenali ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang penting diketahui.

Ada beberapa ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang kerap dirasakan pengidapnya, antara lain:

1. Kerap buang air kecil 

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang pertama adalah kerang buang air kecil. Dilansir dari Self, kadar gula darah tinggi membuat ginjal kewalahan dan perlu bekerja ekstra keras untuk menyingkirkan glukosa dari tubuh. Caranya dengan sering buang air kecil atau kencing. Terkadang, air seni yang keluar juga sedikit-sedikit atau anyang-anyangan.

2. Sering haus 

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang kedua adalah sering haus. Sering buang air kecil menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau merasakan tanda-tanda dehidrasi. Jadi, jangan heran jika penderita diabetes jadi sering haus. Terutama di tahap awal penyakit.

3. Gangguan penglihatan 

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang ketiga adalah mengalami gangguan penglihatan. Kadar gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil di seluruh tubuh, termasuk bagian mata. Saat pembuluh darah mata pecah, indra penglihatan bakal mengeluarkan cairan. Akibatnya, penderita diabetes merasakan pandangan kabur atau tidak fokus.

4. Gampang lapar 

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang keempat adalah gampang lapar. Resistensi insulin menghambat glukosa mencapai sel-sel tubuh untuk memberikan energi dari asupan yang dikonsumsi. Akibatnya, otak dan otot terus-menerus mengirimkan sinyal rasa lapar. Waspada jika Anda baru selesai makan tapi rasanya belum kenyang dan masih ingin makan terus-menerus.

5. Mengantuk sampai lemas setelah makan 

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang kelima adalah sering mengantuk dan lemas setelah makan. Lonjakan kadar gula darah di dalam tubuh setelah makan menyebabkan tubuh kelelahan dan mengantuk hebat. Kondisi ini disebabkan glukosa tidak diproses secara efektif di dalam tubuh.

6. Sering marah atau emosi 

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang keenam adalah sering marah. Naik turunnya gula darah secara signifikan bisa memengaruhi suasana hati. Kondisi ini dipengaruhi tubuh yang kelelahan mengendalikan gula darah. Dampaknya, penderita diabetes jadi stres, gampang emosi, sering marah, atau perasaannya jadi lebih sensitif.

7. Luka susah sembuh 

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang ketujuh adalah luka susah sembuh. Ciri-ciri diabetes di kulit bisa dikenali dari kondisi tubuh saat mengalami luka. Penderita diabetes jamak memiliki luka yang susah sembuh. Kondisi ini dipengaruhi sirkulasi darah yang kurang lancar. 

Penyakit ini juga menyebabkan luka lebih rentan infeksi karena sistem kekebalan tubuh tidak prima.

8. Area lipatan kulit seperti leher hitam 

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang kedelapan adalah terdapat lipatan kulit seperti leher berwarna hitam. Leher hitam termasuk salah satu tanda-tanda diabetes yang pantang disepelekan. Selain leher, bagian tubuh yang tampak lebih gelap ketimbang biasanya di antaranya siku, lutut, dan buku-buku jari. Kondisi ini dipengaruhi kadar hormon insulin yang melonjak di dalam tubuh.

9. Berat badan naik turun tanpa sebab jelas 

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang kesembilan adalah berat badan naik turun tanpa sebab jelas. Berat badan naik atau turun signifikan tiba-tiba termasuk Ciri-ciri diabetes. Hal ini disebabkan kenaikan gula darah memicu lapar, dehidrasi, kelelahan, stres, dan gangguan tidur. Dampaknya, nafsu makan jadi bertambah atau hilang. Selain itu, ketika tidak ada glukosa untuk bahan bakar energi, tubuh bakal membakar lemak. Akibatnya, badan jadi lebih kurus.  

10. Sering mati rasa dan kesemutan   

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang kesepuluh adalah sering mati rata dan kesemutan. Tanda-tanda diabetes lainnya yakni sering kesemutan. Biasanya, kita bakal kesemutan dan mati rasa setelah bertahan dalam satu posisi yang cukup lama, misalkan duduk. Tapi, penderita diabetes bisa merasakan kondisi ini meskipun posisi tubuhnya sedang rileks.

11. Kulit kering

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang ke-11 adalah kulit kering. Selain rentan mengembangkan luka yang susah sembuh, penderita diabetes jamak memiliki kulit kering dan gatal-gatal. Kondisi ini juga dipengaruhi gangguan sirkulasi darah akibat kadar gula darah tinggi.

12. Mulut kering 

Ciri-ciri gula darah naik pada wanita dan pria yang ke-12 adalah mulut kering. Kelebihan glukosa dalam darah memaksa tubuh mengeluarkan cairan ekstra dari jaringan tubuh. Kondisi ini bisa memicu rasa haus berlebihan, padahal sebelumnya sudah cukup minum. Selain sering haus, penderita biasanya juga memiliki mulut yang cenderung kering. 

Itulah cara mencegah gula darah tinggi saat perayaan Idul Fitri serta ciri-ciri gula naik pada wanita dan pria. Selamat merayakan Idul Fitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×