Tips Sehat

Bantu diet, berikut daftar buah-buahan penurun berat badan

Sabtu, 19 September 2020 | 07:07 WIB Sumber: Kompas.com
Bantu diet, berikut daftar buah-buahan penurun berat badan

ILUSTRASI. Semangka, jambu biji, pir termasuk buah-buahan penurun berat badan. KONTAN/Baihaki/7/9/2018

KONTAN.CO.ID - Jakarta.  Buah-buahan terbukti bahan makanan yang bagus bagi kesehatan karena mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lainnya yang mendukung pola makan sehat. Buah juga pada umumnya rendah kalori dan tinggi serat, sehingga banyak yang memanfaatkan buah-buahan untuk penurun berat badan.

Berikut ini adalah beragam buah-buahan penurun berat badan:

1. Semangka

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, buah semangka baik dikonsumsi karena termasuk salah satu buah-buahan penurun berat badan. Melansir Food NDTV, buah berair ini hanya menyediakan 30 kalori per 100 gram yang berarti tidak akan terlalu memengaruhi asupan kalori Anda.

Semangka juga mengandung banyak air yang dapat membuat Anda tetap terhidrasi dan meminimalkan konsumsi minuman manis terutama. Selain itu, buah semangka kaya akan asam amino arginin yang membantu membakar lemak.

2. Jambu biji

Jambu biji adalah salah satu buah-buahan penurun berat badan karena kaya serat, memiliki indeks glikemik rendah, dan bisa mencegah sembelit. Buah ini juga mampu mengaktifkan tingkat metabolisme yang membantu menurunkan berat badan. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah jambu biji termasuk elemen penting yang diperlukan untuk membakar lemak di tubuh.

Baca juga: Inilah 5 tanda daya tahan tubuh melemah yang sering tidak disadari banyak orang 

3. Pir

Buah pir juga termasuk sumber vitamin C yang bagus. Artinya, pir baik juga dikonsumsi sebagai buah-buahan penurun berat badan.

Selain itu, buah pir dikemas dengan serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama karena dicerna dengan lambat. Pir juga dikenal untuk dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah.

4. Jeruk

Buah jeruk dianggap sebagai buah berkalori negatif yang berarti mengandung lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan tubuh. Salah satu buah-buahan penurun berat badan ini hanya menyediakan 47 kalori per 100 gram. Selain itu, buah jeruk terbukti mengandung vitamin C dan serat alami yang berguna untuk program diet.

5. Blueberry

Dikenal sebagai makanan super, blueberry kaya akan antioksidan dan membantu meningkatkan laju metabolisme. Tak heran, buah pir juga termasuk buah-buahan penurun berat badan. Konsumsi secara teratur buah ini juga diketahui dapat bermanfaat untuk menurunkan resistensi insulin, hipertensi dan kolesterol.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru