Tips Sehat

Banjir surut, waktunya Anda bersihkan perabot dengan cara ini

Rabu, 26 Februari 2020 | 10:01 WIB Sumber: Kompas.com
Banjir surut, waktunya Anda bersihkan perabot dengan cara ini

ILUSTRASI. Banjir kiriman dari Bogor merendam Sekolah Menengah Atas Negeri 8, Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (8/3/2016). Air mulai masuk ke halaman sekolah sejak pagi dan semakin tinggi hingga siang hari. Banjir surut menjelang sore. KOMPAS IMAGES / RODERICK AD

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banjir yangmelanda sebagian kawasan ibu kota sudah mulai surut. Kini, saatnya Anda untuk membersihkan perabot yang terendam banjir.

Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia, terutama area Jakarta dan sekitarnya, pada awal tahun ini tentu menimbulkan malapetaka bagi struktur rumah, barang dan harta pribadi, serta kondisi kesehatan korban yang mengalaminya.

Baca Juga: Menteri Basuki: Banjir Jakarta, semua bertanggung jawab

Kini, beberapa wilayah yang terkena banjir sudah mulai surut. Maka inilah saat yang tepat bagi para korban banjir untuk memulai proses pemulihan.

Pasalnya, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan setelah kebanjiran guna menjamin keamanan rumah serta mencegah kerusakan lebih lanjut pada rumah beserta isinya.

Salah satu dampak paling besar setelah kebanjiran adalah berbagai perabot rumah tangga yang menjadi kotor. Terlebih banjir biasanya juga disertai dengan lumpur, kotoran, dan zat kimia yang menyerap ke dalam perabot.

Meski demikian, kita tak harus langsung membuang semua perabot rumah yang terkena banjir. Pasalnya ada beberapa cara untuk membersihkan barang-barang tersebut.

Tetapi, sebelum mulai proses bersih-bersih, pastikan memiliki air bersih, larutan pemutih (cairan klorin), dan cairan disinfektan yang digunakan untuk membersihkan berbagai jenis perabot rumah.

Siapkan pula selang untuk menyemprot air dan lumpur, serta mesin cuci yang sudah dibersihkan untuk mencuci kain. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah membersihkan perabot rumah sesuai jenisnya berikut ini.

1. Kursi dan sofa

Jika kursi dan sofa Anda terbuat dari bahan kain dan sudah terendam air selama beberapa jam atau hari, biasanya lumpur dan kotoran telah menembus lapisan-lapisan kain.

Akibatnya, jamur akan mudah tumbuh pada barang tersebut. Jika demikian, Anda tidak memiliki pilihan lain selain membuangnya.

2. Kursi dan perabot rumah

Perabot kayu berlapis sebaiknya dibuang apabila lapisan busa, kain, dan kayunya sudah menyerap banyak air dan kotoran.

Baca Juga: Banjir surut, tol ruas akses Tanjung Priok dapat dilintasi kendaraan besar

Namun, jika barang tersebut tidak sampai terendam banjir, Anda masih bisa membersihkan perabot rumah dengan cara berikut ini:

Anda campurkan larutan pemutih dengan air. Anda bersihkan bingkai kayu menggunakan larutan tersebut.

Setelah itu, Anda keringkan bingkai kayu di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik. Anda sebaiknya tidak mengeringkannya di bawah sinar matahari secara langsung.

Mengingat jamur mungkin akan tumbuh pada bingkai kayu selama proses pengeringan, bersihkan secara berkala dengan cairan pembersih.

Setelah bingkai dan busa betul-betul kering, tempelkan kembali keduanya menggunakan lem khusus.

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru