Bahan-bahan alami yang dapat mengatasi rambut rontok

Rabu, 14 Juli 2021 | 17:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bahan-bahan alami yang dapat mengatasi rambut rontok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir setiap orang pernah mengalami rambut rontok. Sebenarnya, hal itu merupakan kondisi yang biasa terjadi. Namun, rambut rontok bisa jadi masalah jika terjadi secara berlebihan. Cara mengatasi rambut rontok pun perlu Anda coba.

Rambut rontok bisa diatasi dengan berbagai macam produk yang dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami yang ada di sekitar Anda. Selain mudah ditemukan, cara menggunakannya juga tidak sulit.

Meski demikian, perlu diingat bahwa bahan alami ini hanya bersifat sementara. Jika rambut rontok terus Anda alami dalam jangka waktu lama, bahkan ada gejala lain yang lebih parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Lidah Buaya

Reader’s Digest Canada (readersdigest.ca) merekomendasikan lidah buaya sebagai obat rambut rontok. Nutrisi yang terdapat dalam lidah buaya akan memperbaiki kondisi kulit kepala sehingga rambut bisa tumbuh lebih kuat dan sehat.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan ketombe ini mudah dipraktikkan, lo

Bawang Merah

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok adalah bawang merah. Menurut sebuah penelitian, rambut rontok yang dialami oleh 20 dari 23 partisipan berkurang setelah menggunakan bawang merah sebanyak dua kali sehari selama enam minggu.

Alasannya karena bawang merah mengandung banyak sulfur. Jenis mineral itu bisa meningkatkan aliran darah, memperbanyak kolagen, dan berperan sebagai antibakteri. Anda hanya perlu mengaplikasikan ekstrak bawang merah pada rambut dan kulit kepala selama 15 menit kemudian bilas dengan sampo.

Bawang Putih

Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan bawang putih.

Selain bawang merah, bawang putih juga bisa Anda jadikan pilihan untuk mengatasi rambut rontok. Bahan alami itu dipenuhi dengan berbagai macam vitamin, mineral, dan nutrisi pentinfg yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut.

Baca Juga: 7 Bahan yang cocok jadi cara mengatasi rambut bercabang

Cuka Apel

Tahukah Anda bahwa cuka apel cocok digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok? Kandungan dalam bahan alami itu efektif membersihkan pori-pori kulit kepala sehingga penyumbatan dapat berkurang.

Dengan begitu, bakteri, minyak, dan jenis kotoran lain yang menghambat pertumbuhan rambut dapat hilang. Cara yang perlu Anda lakukan tidak sulit. Anda hanya perlu membilas kulit kepala dan rambut dengan cuka apel yang telah dicampur dengan air.

Selanjutnya: Pakai bahan alami, berikut 4 cara mengatasi rambut kering

Editor: Belladina Biananda
Terbaru