Bagaimana jika setelah vaksin Covid-19 tidak merasakan efek samping?

Jumat, 24 September 2021 | 14:28 WIB Sumber: Kompas.com
Bagaimana jika setelah vaksin Covid-19 tidak merasakan efek samping?

ILUSTRASI. Bagaimana jika setelah vaksin Covid-19 tidak merasakan efek samping?

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Vaksin Covid-19 menimbulkan sejumlah efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Efek samping tersebut dianggap sebagai pertanda bahwa vaksin Covid-19 telah bekerja menghasilkan antibodi di dalam tubuh. Lalu, bagaimana jika setelah suntik vaksin Covid-19 tidak merasakan efek samping?

Efek samping atau KIPI setelah vaksin merupakan bentuk respons tubuh terhadap vaksin yang disuntikkan. Kondisi ini bisa juga disebut sebagai efek samping dari vaksin Covid-19.

Efek samping vaksin Covid-19 ini biasanya memiliki reaksi yang berbeda-beda pada setiap orang. Namun, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), efek samping atau KIPI yang umum dialami setelah vaksin Covid-19 adalah sebagai berikut:

  • demam
  • kelelahan
  • sakit kepala
  • nyeri otot
  • panas dingin
  • diare
  • rasa sakit di tempat suntikan

Melansir dari Healthline, para pakar kesehatan mengatakan bahwa efek samping vaksin Covid-19 ini merupakan kondisi yang diharapkan. Sebab, dengan munculnya KIPI atau efek samping vaksin Covid-19, itu menandakan adanya respons tubuh terhadap vaksin yang diberikan.

Baca juga: Apakah setelah vaksin boleh minum es? Ini larangan usai vaksinasi Covid-19

Meski demikian, ada beberapa orang yang melaporkan tidak merasakan KIPI atau efek samping apa pun setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Mereka yang mengalami kondisi ini biasanya akan bertanya-tanya apakah kekebalan tubuh yang dimilikinya sudah bekerja secara baik.

Seorang ahli imunologi dan profesor biologi di departemen biologi Universitas Loyola Maryland, Dr. Chris Thompson, mengatakan kepada Healtline mengenai pertanyaan tersebut. Menurutnya, tidak apa-apa seseorang tidak megalami efek samping setelah suntik vaksin Covid-19.  Ia berpendapat bahwa kemungkinan tubuh tetap memiliki respon imun yang baik dan protektif.

Selain itu, dalam wawancara dengan Medical News Today, William Schaffner, MD, profesor penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center di Nashville, TN, berbicara tentang hubungan antara efek samping vaksin Covid-19 dan kekebalan terhadap SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19. Dia menyatakan bahwa baik ada atau tidak adanya efek samping setelah vaksin vaksin Covid-19, tetap menunjukkan adanya kekebalan.

“Tidak ada korelasi langsung antara efek samping dan perlindungan,” kata Prof. Schaffner.

Data dari uji coba vaksin mRNA Covid-19 dua dosis — Pfizer-BioNTech dan Moderna — menunjukkan bahwa ini sudah terbukti 90 persen efektif melindungi meskipun tidak mengalami efek samping. Sementara itu, di bawah 10 persen dari mereka yang divaksinasi lengkap mungkin memiliki perlindungan parsial atau tidak sama sekali.

Mereka yang hanya mendapatkan perlindungan parsial atau tidak sama sekali biasanya memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh mereka. Dengan demikian, mereka tidak dapat membangun sistem kekebalan terhadap virus corona secara baik.

Selain itu, orang yang mengonsumsi obat tertentu, seperti obat imunosupresan dan obat perawatan kanker lainnya, juga mungkin mengalami kondisi yang sama.

Jadi, efek samping vaksin Covid-19 bisa saja terjadi atau tidak dirasakan. Yang pasti, setelah suntik vaksin Covid-19, Anda harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tidak Mengalami KIPI, Apakah Vaksin Covid-19 Tetap Bekerja?",

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Penulis : Galih Pangestu Jati
Editor : Galih Pangestu Jati

Selanjutnya: Ini 4 prosedur pengaduan KIPI 9 vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru