Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Membandel? Ikuti Tips Berikut

Kamis, 12 Mei 2022 | 17:20 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Membandel? Ikuti Tips Berikut

ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Jerawat Membandel


KONTAN.CO.ID - Jerawat merupakan masalah umum yang sering terjadi di kalangan remaja. Bahkan, masalah yang satu ini bisa saja mengikuti sampai seseorang telah beranjak dewasa.  

Jerawat paling sering terjadi pada kulit yang memiliki kelenjar minyak paling banyak. Nah, beberapa bagian tubuh tersebut adalah wajah, dada, punggung atas, serta bahu. 

Jerawat terbentuk akibat folikel rambut terisi dengan sel kulit mati, minyak, hingga bakteri. Hal ini menimbulkan pembengkakan, kemerahan, hingga peradangan. 

Baca Juga: Tidak Banyak Orang Tahu, Ini 5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit

Akhirnya, pori-pori menjadi tersumbat dan menimbulkan bintik merah pada kulit. Dilansir dari Women Health, berikut beberapa cara menghilangkan jerawat membandel, antara lain:  

1. Atur pola makan

Cara menghilangkan jerawat membandel yang pertama adalah menerapkan dan mengatur pola makan. Pastikan untuk menerapkan diet rendah gula dan hindari susu sapi serta protein whey. 

Sebab, semua makanan tersebut dapat memperburuk jerawat. Setelah mengatur pola makan, cobalah juga untuk menurunkan stres dengan cara bermeditasi atau yoga. 

2. Mengoleskan cuka apel 

Cara menghilangkan jerawat membandel yang kedua adalah cuka apel. Cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Caranya dengan mengoleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas, lalu diamkan selama lima menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. 

Editor: Helvana Yulian

Terbaru