kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,22   7,62   0.77%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awas! Rutin minum jus buah kemasan bisa meningkatkan tekanan darah tinggi


Rabu, 08 Juli 2020 / 11:04 WIB
Awas! Rutin minum jus buah kemasan bisa meningkatkan tekanan darah tinggi


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda sebaiknya jangan terlena dengan tawaran jus buah kemasan yang mengandung banyak vitamin dan praktis. Penelitian menunjukkan jus buah kemasan memicu tekanan darah tinggi.  

Umumnya masyarakat menganggap jus buah adalah minuman sehat. Ternyata, jus buah kemasan bukanlah minuman sehat dan bisa memicu tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Ini loh bahayanya bila terlalu sering minum teh dengan boba

Penelitian dari Australia menemukan, rutin minum jus buah kemasan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Masalahnya bukan pada buah yang kaya vitamin, mineral dan serat melainkan pada kandungan gulanya yang tinggi.

"Kendati jus memiliki kandungan vitamin esensial, jus memiliki kandungan gula tinggi dengan serat yang rendah," ujar Dr. Matthew Pase, peneliti dari Swinburne University of Technology, Hawthorn, Australia. 

"Konsumsi jus kemasan dengan tambahan gula tentu saja memperbanyak asupan gula, sesuatu yang khas dari gaya konsumsi masyarakat Barat. Hal ini justru memperparah prevalensi hipertensi dan penyakit jantung dan pembuluh darah," katanya. 

Masyarakat Inggris menyalahkan jus buah sebagai salah satu penyebab obesitas dan epidemi diabetes di Inggris. Pasalnya, satu kemasan jus buah 250 ml mengandung 115 kalori yang setara dengan konsumsi tujuh sendok teh gula. Satu kaleng minuman kola mengandung 139 kalori. 

World Health Organization (WHO) merekomendasikan jumlah konsumsi gula tidak lebih dari enam sendok teh per hari.

Sekedar informasi, gula jadi biang kerok gigi rusak pada anak-anak. Satu dari delapan anak di Inggris mengalami gigi busuk mulai usia tiga tahun. Di bagian lain Inggris angka kerusakan gigi itu tiga kali lipat lebih parah.

Masalah gigi pada anak ini sering disebabkan oleh orang tua yang memanjakan anak dengan minuman kaya gula seperti jus buah dalam botol.  Dokter gigi menyarankan orang tua untuk memberi anak air dan susu saja.(Dhorotea) 

Baca Juga: Konsumsi pare berlebihan tidak baik untuk penderita diabetes

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jus Buah Perparah Tekanan Darah Tinggi?", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×