kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awas! Ponsel bisa jadi sarang kuman dan virus, bersihkan dengan cara berikut


Selasa, 17 Maret 2020 / 10:22 WIB
Awas! Ponsel bisa jadi sarang kuman dan virus, bersihkan dengan cara berikut
ILUSTRASI. Warga mengoperasikan ponsel di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Senin (17/2/2020). Pemerintah melalui Kementerian Kominfo mulai melakukan uji coba aturan pemblokiran ponsel ilegal (black market/BM) melalui nomor International Mobile Equ


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - Ponsel atau smartphone salah satu sarang kuman dan virus. Untuk mencegah virus dan kuman masuk ke dalam tubuh, Anda bersihkan ponsel secara teratur. 

Di tengah kekhawatiran terhadap wabah virus corona, semua orang menjadi paham pentingnya rutin mencuci tangan dengan sabun.

Namun, sebagian dari kita mungkin belum menyadari bahwa salah satu benda yang paling sering kita sentuh -yakni ponsel, adalah sarang berkembangbiaknya kuman penyakit.

Baca Juga: Vitamin C meningkatkan imun dan bisa mencegah penularan virus corona, benarkah?

Sejumlah ilmuwan melakukan tes dan menemukan bahwa virus bisa tinggal hingga 2-3 hari di permukaan plastik dan stainless steel.

Di sisi lain, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk membersihkan setiap hari semua permukaan benda yang banyak disentuh, termasuk ponsel, keyboard, dan komputer tablet.

Namun, membersihkan ponsel dengan cara yang tidak tepat berpotensi merusaknya. Tentu kita ingin menghindari kelembapan di dalamnya atau menggores permukaannya. 

Jadi, jangan menyemprotkan pembersih langsung ke arah ponsel, dan -tentu saja, jangan mencelupkannya ke larutan pembersih.

Lalu, jangan menyemprotnya dengan perangkat udara tekan yang digunakan untuk membersihkan keyboard, serta hindari menggosoknya dengan bahan abrasif. 

Sebagai gantinya, kamu bisa mulai dengan mematikan telepon dan mencabut semua kabel-kabel yang tersabung. Ponsel seharusnya tidak dalam keadaan mengisi daya saat kamu membersihkan. 

Anda bisa menggunakan tisu basah dengan alkohol 70 persen, yang bisa didapatkan di apotek. 

Baca Juga: Takut virus corona menempel di rumah? Ini lima cara membersihkan rumah dari virus

Bersihkan dengan lembut, sebab beberapa merek ponsel memberi catatan untuk itu. Brand Apple, misalnya, seperti dilansir laman NY Post, telah mengingatkan agar tidak menggunakan pembersih rumah tangga untuk ponsel.

Selain itu, pembersihan pun dianjurkan dilakukan dengan lembut. Sementara, provider selular AT&T merekomendasikan untuk memeras tisu desinfektan tersebut terlebih dahulu, sebelum menggunakannya pada ponsel.

Anda juga dapat menggunakan kain lembut untuk membersihkan ponsel, seperti kain pembersih microfiber atau kain yang digunakan untuk membersihkan kacamata. 

Google mengatakan, Anda bisa mencelupkan kain ke dalam sabun dan air, selama kita berhati-hati untuk tidak menimbulkan uap air pada ponsel. AT&T mengatakan handuk kertas juga bisa digunakan. 

Anda bisa menyemprot handuk tersebut dengan disinfektan. Namun, sekali lagi, jangan semprotkan langsung pada ponsel.

Langkah pembersihan ponsel adalah salah satu dari banyak tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk memperlambat penyebaran virus yang telah menginfeksi lebih dari 137.000 orang di seluruh dunia itu.

Baca Juga: Awas! Virus corona bisa hidup lama di permukaan smartphone

Lebih dari 5.000 orang telah meninggal karena kasus virus corona. Sebagian besar pasien hanya memiliki gejala ringan atau sedang, tetapi tidak demikian dengan orang tua, dan orang dengan kondisi kesehatan yang rentan. 
Oleh karena itu, usaha sekecil apa pun yang bisa mengurangi penyebarannya tentu perlu kita upayakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ponsel Sarang Kuman, Begini Cara Bersihkan Tanpa Merusak", 
Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Glori K. Wadrianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×