kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awas! Penyebab asam urat bisa berasal dari 5 makanan ini


Rabu, 09 September 2020 / 14:50 WIB
Awas! Penyebab asam urat bisa berasal dari 5 makanan ini
ILUSTRASI. Ada banyak makanan yang jadi penyebab asam urat, salah satunya bir. REUTERS/Peter Nicholls/File Photo


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penyebab asam urat yang perlu diwaspadai. Salah satunya adalah beberapa makanan berikut. Dengan menghindari penyebab asam urat ini, kondisi kesehatan Anda bisa lebih terkontrol.

Kerang Kampak (Scallop)

Makanan pertama yang perlu dihindari bagi penderita asam urat tinggi adalah kerang kampak atau scallop. Penyebab asam urat ini mengandung banyak purin yang bisa berubah menjadi asam urat. 

Selain kerang kampak, Anda juga perlu menghindari daging dan seafood lainnya. Health menyarankan agar Anda mengonsumsi makanan-makanan itu tidak lebih dari empat hingga enam ons setiap hari.

Daging

Setiap jenis daging memiliki kandungan purin yang berbeda-beda. Health menyebutkan bahwa white meat memiliki jumlah purin yang lebih sedikit dibandingkan red meat. Namun, Anda tak perlu benar-benar menghindari penyebab asam urat ini.

Anda masih bisa makan red meat sesekali, asal jumlahnya tak terlalu banyak. Selain red meat, Anda juga perlu membatasi diri untuk tidak berlebihan mengonsumsi daging babi. Penyebab asam urat lainnya adalah daging kalkun yang memiliki kandungan purin tinggi. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi daging ayam atau daging bebek.

Baca Juga: Kadar asam urat naik? Obat herbal kayu manis bisa menurunkan asam urat Anda

Bir

Bir dua kali lebih besar jadi penyebab asam urat tinggi. Tak hanya meningkatkan jumlah asam urat, tubuh juga akan kesulitan untuk membersihkan penyebab asam urat ini dari sistem pencernaan.

Anda bisa menggantinya dengan wine. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan karena bisa mengganggu kesehatan secara keseluruhan.

Minuman Manis

Penyebab asam urat lainnya yang perlu Anda waspadai adalah minuman dengan banyak pemanis. Gula dalam minuman tersebut akan meningkatkan jumlah asam urat dalam tubuh. Mengutip dari Health, seseorang yang mengonsumsi fruktosa lebih banyak beresiko lebih tinggi menderita penyakit asam urat.

Baca Juga: Ini nilai kadar asam urat normal dalam tubuh untuk perempuan dan laki-laki

Asparagus

Health menyebutkan bahwa penyebab asam urat lainnya adalah asparagus, bayam, dan jamur yang mengandung banyak purin. Namun, jumlah purin yang terkandung dalam sayuran itu tak separah kandungan purin dalam daging. Tubuh juga lebih mudah mengeluarkan purin yang berasal dari sayuran.

Selanjutnya: Awas keliru, ini beda rematik dan asam urat yang harus Anda pahami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×