kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awas! Minum kopi berlebihan bisa mengganggu kesehatan


Rabu, 08 Juli 2020 / 17:00 WIB
Awas! Minum kopi berlebihan bisa mengganggu kesehatan
ILUSTRASI. Ilsutrasi. Minum kopi berlebihan bisa menganggu kesehatan tubuh Anda.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kopi sudah jadi teman baik untuk sebagian besar masyarakat. Namun, tahukah Anda bila minum terlalu banyak kopi bisa menganggu kesehatan.   

Penikmat kopi setia wajib tahu bahaya minum kopi terlalu banyak. Toleransi terhadap kafein setiap orang berbeda, sehingga amannya adalah mengonsumsi kopi dalam jumlah wajar per hari. 

Baca Juga: Wow! Ini manfaat kopi hitam polos untuk kesehatan tubuh

Penelitian mencatat bahwa gen seseorang berperan besar pada toleransi seseorang terhadap kafein.

Bila seseorang mengonsumsi kopi dalam ukuran pas saban harinya, efeknya baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, nutrisi bermanfaat kopi seperti vitamin B, magnesium, potasium, dan antioksidan didapatkan tubuh. 

Bahaya minum kopi berlebihan 

Meski tak bisa disamakan, mengonsumsi 250 mg kopi sehari masih aman. Namun tentu hal ini bergantung pada banyak faktor seperti apakah terbiasa merokok, sedang hamil, atau berisiko mengalami patah tulang. Lalu, apa saja bahaya minum kopi berlebihan? 

1. Meningkatkan frekuensi buang air kecil 

Salah satu bahaya minum kopi berlebihan adalah bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal yang sama bisa terjadi ketika orang terlalu banyak minum teh. 

Bahkan, bukan tidak mungkin asupan kafein berlebih menyebabkan inkontinensia urine pada orang tertentu apalagi jika tidka dimbangi dengan minum air putih. 

2. Ketergantungan 

Ketika seseorang sudah terbiasa memulai hari dengan asupan kafein, hal itu akan menjadi adiksi tersendiri. Kafein mengaktifkan substansi kimia di otak, sama seperti efek dari kokain dan amphetamin. 

Hanya saja, bahaya minum kopi berupa ketergantungan secara psikologis dan fisik. Dalam sebuah penelitian, 213 peminum kafein rutin dicoba tidak mengonsumsinya selama periode 16 jam. 

Hasilnya, mereka merasakan sakit kepala hingga lemas ketika belum mendapat asupan kafein. 

3. Merasa cemas 

Kafein memang membuat seseorang merasa lebih waspada karena menghambat efek substansi kimia otak bernama adenosine yang menimbulkan rasa lelah. 
Pada saat yang sama, kafein juga melepaskan hormon adrenalin yang membuat energi meningkat. Meski demikian, minum kopi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan seseorang merasa cemas berlebih atau tegang. 

Konsumsi terlalu ekstrem seperti lebih dari 1.000 mg per hari dapat memicu hal ini. Pada orang yang tidak terbiasa dengan kafein, dosis kurang dari itu sudah bisa menyebabkan kecemasan.

4. Insomnia 

Bahaya minum kopi untuk siklus tidur adalah membuat seseorang rentan mengalami insomnia. Tak hanya itu, kuantitas waktu tidur seseorang bisa berkurang drastis, utamanya pada lansia. Biasanya, pengaruh kafein dan siklus tidur juga dipengaruhi faktor genetik. 

5. Masalah pencernaan 

Jika salah satu efek minum kopi bisa membuat orang ingin BAB, itu berhubungan dengan efek laksatif dari kopi. Ketika mengonsumsi kopi, perut akan memproduksi hormon yang mempercepat aktivitas di usus. 

Di sisi lain, bahaya minum kopi berlebihan adalah diare pada orang-orang tertentu. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebut bahwa minuman mengandung kafein bisa menyebabkan GERD yang diderita seseorang menjadi lebih buruk. 

6. Rhabdomyolysis 

Rhabdomyolysis adalah kondisi serius rusaknya otot sehingga jaringannya masuk ke aliran darah dan bisa memicu gagal ginjal. Penyebabnya beragam seperti trauma, infeksi, konsumsi obat terlarang, hingga keracunan bisa ular. 

Tak hanya itu, rhabdomyolysis juga disebut sebagai salah satu konsekuensi bahaya minum kopi, meskipun jarang terjadi. Ada satu kasus seorang perempuan yang mengonsumsi 1 liter kopi dan langsung mual, muntah, serta urine berwarna gelap. 

7. Tekanan darah tinggi 

Mengingat kopi memiliki efek stimulus pada sistem saraf, besar kemungkinan menyebabkan tekanan darah meningkat. Meski demikian, dampak ini hanya berlangsung sementara sama seperti dampak dari berolahraga pada orang sehat. 

8. Detak jantung cepat 

Tak hanya tekanan darah tinggi, kopi juga menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat. Selain itu, bahaya minum kopi juga dapat mengubah ritme detak jantung (atrial fibrillation) terutama pada orang yang mengonsumsi minuman penambah energi dan kopi sekaligus. 

Kopi tidak akan menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi sewajarnya, bahkan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Di sisi lain, dosis asupan kafein terlalu banyak dapat menimbulkan dampak negatif yang mengganggu produktivitas sehari-hari. 

Mengingat reaksi kafein pada setiap orang bisa berbeda, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu seberapa toleransi tubuh terhadap kafein. 
Jangan lupa Anda tetap menjalankan gaya hidup sehat dengan tetap aktif bergerak, menjaga kualitas tidur, dan makan bergizi.(Wisnubrata) 

Baca Juga: Luar biasa! Ini manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh Anda

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pecinta Kafein, Sudah Tahu Bahaya Minum Kopi Berlebihan?", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×