Awas! Kelebihan Berat Badan Bisa Menurunkan Gairah Seks pada Laki-Laki

Kamis, 03 November 2022 | 12:26 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Awas! Kelebihan Berat Badan Bisa Menurunkan Gairah Seks pada Laki-Laki

ILUSTRASI. Kegemukan alias obesitas bisa menurunkan gairah seks pada laki-laki.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Obesitas tidak hanya bisa memicu berbagai penyakit kronis, tapi juga bisa menurunkan gairah seksual. 

Kegemukan menjadi masalah kesehatan yang umum dikeluhkan laki-laki dan perempuan. 

Baca Juga: Bak Viagra! Semangka Disebut-Sebut Efektif Mengatasi Impotensi

Kegemukan alias obesitas bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes. Tidak hanya itu, kegemukan juga bisa mempengaruhi kehidupan seksual Anda. 

Mengutip dari WebMD, obesitas telah terbukti menurunkan testosteron pada laki-laki. Peningkatan ukuran pinggang 10,16 cm menyebabkan kemungkinan 75% memiliki kadar testosteron yang rendah. 

Melansir dari NDTV, laki-laki yang mengalami obesitas cenderung memiliki kadar testosteron yang lebih rendah. 

Asal tahu saja, penurunan kadar hormon ini kadang-kadang bisa menyebabkan disfungsi ereksi alias impotensi. 

"Obesitas secara langsung berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon dan kadar testosteron yang lebih rendah yang pada gilirannya bisa menghambat hasrat seksual pada laki-laki," kata Tarun Mittal, Konsultan Ahli Bedah Rumah Sakit Sir Ganga Ram. 

Mittal menjelaskan peningkatan lemak tubuh menyebabkan lebih banyak globulin pengikat hormon seks (SHBG) dalam sistem. 

SHBG merupakan bahan kimia alami yang mengikat testosteron. Artinya, hanya ada sedikit hormon seks yang tersisa dalam tubuh. 

Tips diet untuk mengatasi obesitas 

Diet sehat dan seimbang baik untuk mengatasi obesitas. Berikut tips diet yang bisa membantu mengelola berat badan.

1. Hindari konsumsi makanan olahan 

Minyak olahan, karbohidrat olahan semuanya hampir tidak memiliki nutrisi yang baik. 

Selain itu, makanan tersebut sering diproses dengan lemak tidak sehat yang bisa menyebabkan penambahan berat badan. 

2. Konsumsi protein 

Protein baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan. 

Anda bisa mendapatkan asupan protein dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan lentil. 

3. Konsumsi daging tanpa lemak 

Daging merah tanpa lemak, daging ayam, atau salmon padat protein dan juga mengandung lemak. 

Protein dalam makanan tersebut membantu menciptakan rasa kenyang sehingga membuat Anda tidak makan secara berlebihan. 

4. Konsumsi buah dan sayur 

Buah dan sayur kaya akan serat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Asal tahu saja, serat dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lama. Kondisi inilah yang membuat Anda merasa kenyang dan tidak ingin makan camilan. 

5. Hindari konsumsi lemak trans 

Lemak trans banyak ditemuka dalam kentang goreng, sosis, burger, dan roti. 

Lemak trans memberikan dampak buruk untuk kesehatan salah satunya bisa meningkatkan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan secara signifikan, Anda sebaiknya merubah gaya hidup dan mulai untuk olahraga secara rutin. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Menurunkan Gairah Seks Anda dan Pasangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru