Awas bahaya peningkatan kolesterol, ini cara menurunkan kolesterol jahat tanpa obat

Selasa, 06 April 2021 | 14:10 WIB Sumber: Kompas.com
Awas bahaya peningkatan kolesterol, ini cara menurunkan kolesterol jahat tanpa obat

ILUSTRASI. Mengurangi menu makanan berlemak adalah salah satu cara menurunkan kolesterol jahat tanpa obat

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah menjadi ancaman banyak orang dewasa usia 35 tahun ke atas. Bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah secara mudah tanpa obat?

Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa meningkatkan timbunan lemak dan penyumbatan di arteri. Ketika kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik rendah, dan kolesterol LDL atau kolesterok jahat tinggi, Anda berisiko mengalami penyumbatan dan plak aterosklerotik.

Kondisi ini bisa disebut dengan hiperkolesterolemia. Mengalami hiperkolesterolemia bisa memengaruhi kesehatan jantung.

Kabar baiknya, kondisi ini bisa dicegah. Berikut cara menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah tanpa obat:

1. Rutin olahraga

Gaya pasif bisa menurunkan kadar kolesterol HDL. Kadar kolesterol HDL yang rendah bisa meningkatkan kolesterol jahat di arteri. Untuk mencegah dan menurunkan kadar kolesterol jahat / LDL dalam darah tanpa obat, sebaiknya Anda rutin berolahraga intensitas sedang minmimal 150 menit seminggu. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan seperti jalan cepat, berenang, atau bersepeda.

Baca juga: 5 Manfaat lemon yang baik untuk kesehatan tubuh, apa saja?

2. Hindari merokok

Merokok dapat menurunkan kolesterol HDL. Apalagi, ketika seseorang dengan kadar kolesterol yang tidak sehat juga merokok, risiko penyakit jantung koroner meningkat lebih dari yang seharusnya.

Merokok juga meningkatkan faktor risiko lain dari penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Dengan berhenti merokok, Anda dapat menurunkan kolesterol jahat LDL tanpa obat-obatan dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru