Awali Hari dengan 5 Minuman Ini, Bisa Awet Muda!

Kamis, 13 Oktober 2022 | 17:00 WIB   Reporter: Ana Risma
Awali Hari dengan 5 Minuman Ini, Bisa Awet Muda!


KONTAN.CO.ID - 5 morning drink yang bagus untuk kulit. Layak Anda coba untuk membuat kulit bersih sekaligus menunda tanda-tanda penuaan.

Saat ini, ada berbagai minuman sehat yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa di antaranya sangat baik untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Ketika Anda rajin minum minuman pagi atau morning drink yang kaya protein, vitamin, dan zat gizi mikro lainnya, itu akan meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Dilansir dari Skinkraft Laboratories, inilah 5 morning drink yang tergolong bagus untuk kulit dan bisa membantu menunda tanda penuaan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sunscreen Serum Merek Lokal untuk Melindungi dan Menutrisi Kulit

1. Air lemon dan madu

Sebuah studi menunjukkan bahwa air lemon sangat efektif untuk melawan pertumbuhan jamur penyebab penyakit kulit. Selain itu, vitamin C yang ada pada lemon juga mampu membantu meremajakan kulit dan mendorong pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat.

Di sisi lain, madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang tidak hanya bisa menghilangkan minyak berlebih tetapi juga membuka pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

Saat digabungkan menjadi satu dalam segelas air hangat, lemon dan madu akan melancarkan pencernaan Anda sekaligus membuat kulit bersih dan bebas dari jerawat. Peras 1 buah lemon utuh berukuran kecil ke dalam 1 gelas air hangat lalu tambahkan 2-3 sendok makan madu murni. Minumlah air lemon dan madu ini pada pagi hari saat perut masih kosong.

2. Jus buah

Jus buah segar mengandung banyak vitamin dan mikronutrien yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Salah satu buah yang bisa Anda olah menjadi jus adalah apel. Apel mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Anda juga bisa memakai buah delima karena buah ini memiliki sifat anti-aging yang berguna untuk membantu proses pembaruan sel kulit, atau buah jeruk yang kaya akan vitamin C untuk membantu kulit melawan radikal bebas.

3. Teh hijau

Teh hijau terkenal dengan kemampuannya dalam membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, teh hijau sangat cocok untuk Anda konsumsi di pagi hari mengingat pada waktu pagi metabolisme cenderung rendah dan teh hijau akan membantu meningkatkannya.

Tak sampai di situ, teh hijau juga mengandung flavonoid yang disebut katekin. Ini merupakan antioksidan yang bagus untuk menunda penuaan kulit.

Rebus air dalam panci kemudian tambahkan satu sendok makan teh hijau ke dalamnya. Biarkan selama 2-3 menit lalu saring air teh hijau ke dalam gelas atau cangkir favorit Anda. Tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam teh hijau dan nikmati selagi hangat.

Baca Juga: Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Tidur Telentang untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Susu kunyit

Sifat antibakteri dalam kunyit bermanfaat untuk membantu menjaga kulit terbebas dari jerawat. Sementara itu, susu berguna untuk menghidrasi kulit sehingga kulit akan tercegah dari kekeringan. Adapun segelas susu kunyit mengandung antioksidan untuk memperlambat proses penuaan.

Rebus susu murni dan biarkan agak dingin. Setelah itu, masukkan kunyit segar yang sudah dihaluskan atau kunyit bubuk secukupnya ke dalam susu. Supaya lebih hangat, Anda juga bisa menambahkan potongan jahe atau jahe geprek ke dalam susu kunyit.

Apabila Anda ingin susu kunyit yang terasa clean, jangan lupa untuk menyaringnya terlebih dahulu. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan 1 sendok teh madu atau 1 sendok teh merica bubuk. Selain menambah rasa, merica bubuk juga bisa membantu menyerap kurkumin dari bubuk kunyit.

5. Air kelapa

Segelas penuh air kelapa di pagi hari dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah Anda lho, Moms. Air kelapa juga bisa membantu produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit, serta menghidrasi kulit secara alami.

Kaya akan vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C, minum air kelapa secara teratur dapat mencegah kekeringan kulit sekaligus membuat kulit tampak glowing.

Air kelapa dapat Anda minum secara langsung. Dikarenakan sudah memiliki rasa manis yang alami, air kelapa bisa Anda minum dalam kondisi segar tanpa perlu menambahkan pemanis lagi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru