Atasi problem jerawat hingga tattoo, kenali terapi sinar laser dari Siloam Hospitals

Jumat, 26 November 2021 | 10:26 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Atasi problem jerawat hingga tattoo, kenali terapi sinar laser dari Siloam Hospitals

ILUSTRASI. Ruang Aesthetic Clinic di Siloam Hospitals Balikpapan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penggunaan laser dalam dunia kedokteran khususnya kesehatan kulit bukanlah hal yang baru. Terdapat banyak jenis laser dan masing-masing mempunyai kegunaannya sendiri. Termasuk terbukti efektif mengatasi permasalahan kulit. Hasil pun sangat instan dan berjangka waktu sangat panjang.

Dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dari Siloam Hospitals Balikpapan, dr. Arie Wibisono, Sp.BP-RE. mengatakan, Rumah Sakit Siloam Balikpapan telah menerapkan pelayanan terapi laser.

"Dari segi estetik, terapi laser dapat digunakan untuk perawatan, peremajaan, dan kecantikan kulit. Termasuk terapi laser untuk menghilangkan tatoo serta menyamarkan bekas luka," kata dia, melalui edukasi bincang sehat pada aplikasi Live Instagram, Kamis (25/11).

Baca Juga: Pasca masuk MSCI Small Cap, Lippo Karawaci harapkan kontribusi SILO makin signifikan

Dikatakan Dokter Arie Wibisono yang berpraktek di Siloam Hospital Balikpapan, terapi laser digunakan tidak hanya bagi kaum wanita namun mulai diminati kaum lelaki guna perawatan dan peremajaan kulit. "Seperti menghilangkan kerutan di wajah dan leher," jelas dr. Arie.

"Dan ini terbukti dengan sekali sampai maksimal 2 kali perawatan sudah terlihat hasilnya, dengan dikombinasikan terapi yang lain seperti penggunaan serum dan krim," ungkapnya.

dr. Arie mengatakan, penggunaan laser ini juga bisa untuk menghilangkan bulu-bulu halus di tubuh secara permanen. Bahkan untuk usia remaja sampai usia produktif dapat menghilangkan jerawat di wajah dengan menggunakan metode sinar laser.

Jerawat yang timbul ini di era pandemi ini dapat dipicu akibat penggunaan masker yang terlalu lama sehingga menyebabkan jerawat di sekitar hidung mulut dan pipi.

"Semua hal ini bisa ditangani dengan laser, jadi laser ini banyak sekali penggunaannya, manfaatnya, dan hasilnya lebih cepat dibandingkan penggunaan dengan produk-produk seperti krim, facial, atau perawatan klinik kecantikan saja," tutunya, diiringi contoh melalui pengalaman dari beberapa pasien yang melakukan terapi kepada dr. Arie.

Terapi Laser

Laser yang digunakan oleh Siloam Hospitals Balikpapan ini memiliki penetrasi atau kemampuan sinar yang masuk ke kulit yang paling dalam sehingga berguna menghilangkan pigmen dengan tingkat kedalaman yang maksimal.

Sementara itu penggunaan terapi laser turut digunakan untuk kasus seperti pigmen warna kulit yang biasa sangat mengganggu, misalnya keluhan flek UV atau hormonal di wajah yang umum disebabkan oleh faktor lingkungan dengan cuaca panas yang cukup dengan aktivitas yang dilakukan kebanyakan di luar ruangan/outdoor.

Baca Juga: Siloam Hospitals (SILO) resmi bergabung ke MSCI Small Cap Index

Adanya keluhan flek atau kelainan pigmen warna kulit bisa dibantu dengan menggunakan alat laser secara berkala yang saat ini sudah tersedia di Siloam Hospital Balikpapan.

Untuk kasus menghilangkan tattoo perlu diketahui bahwa untuk menghilangkannya harus dilakukan dengan cara bertahap.

"Jadi ada beberapa warna pada tato yang sulit dihilangkan dengan laser dan harus dilakukan secara bertahap dan dilakukan beberapa evaluasi," dr. Arie yang berpraktek di Siloam Hospital Balikpapan ini mengakhiri edukasinya.

Selanjutnya: Hutama Karya rampungkan bendungan utama dan spillway Bintang Bano di Sumbawa Barat

Editor: Yudho Winarto
Terbaru