Asam Lambung Naik Menyebabkan Rasa Mual Hebat, Begini Cara Menghilangkannya

Selasa, 25 Oktober 2022 | 09:32 WIB Sumber: Kompas.com
Asam Lambung Naik Menyebabkan Rasa Mual Hebat, Begini Cara Menghilangkannya

ILUSTRASI. Salah satu gejala asam lambung naik yang jamak dikeluhkan penderitanya adalah rasa mual.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu gejala asam lambung naik yang jamak dikeluhkan penderitanya adalah rasa mual yang hebat. Selain mual, asam lambung naik biasanya juga disertai perut begah, kembung, sering sendawa, heartburn (rasa panas di perut sampai ke dada), diare, sembelit, sampai sakit perut. 

Sebelum menyimak cara menghilangkan mual karena asam lambung naik, kenali dulu bagaimana masalah kesehatan ini bisa terjadi. 

Bagaimana asam lambung naik bisa menyebabkan mual? 

Asam lambung yang seharusnya berada di perut bisa naik ke kerongkongan karena gangguan pada sfingter esofagus bagian bawah atau cincin otot pemisah kedua bagian tubuh ini. 

Dilansir dari Medical News Today, setelah orang makan atau minum, normalnya sfingter esofagus bagian bawah akan menutup kembali. 

Baca Juga: Asam lambung bisa diobati dengan kunyit, begini caranya

Hal itu bertujuan untuk mencegah segala asupan yang sudah ditelan dan asam lambung kembali naik ke kerongkongan. 

Akan tetapi, ketika sistem buka tutup klep atau cincin otot ini longgar dan tidak bisa optimal, asam lambung dari perut bisa naik ke kerongkongan sampai ke mulut. 

Rasa asam yang tertinggal di mulut diikuti batuk dan sendawa ini tak jarang menyebabkan rasa mual. Jika kondisi sfingter esofagus bagian bawah bermasalah, asam lambung rentan naik saat penderita stres atau mengonsumsi gorengan, makanan tinggi lemak, makanan pedas, minuman berkafein, atau alkohol. 

Baca Juga: Nyeri perut kiri bawah bisa diatasi dengan 4 bahan ini

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru