kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,68   7,08   0.71%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asam Lambung Naik? Ini Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Asam Lambung


Jumat, 28 Januari 2022 / 11:07 WIB
Asam Lambung Naik? Ini Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Asam Lambung
ILUSTRASI. Mentimun bisa membantu mengatasi asam lambung.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung bisa kumat kapan saja. Ini sederet bahan alami yang efektif mengatasi asam lambung. 

Kadar asam lambung naik dipicu oleh sejumlah faktor seperti stres, konsumsi makanan pedas, dan makanan yang mengandung lemak tinggi. 

Baca Juga: 5 Buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung

Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat kadar asam lambung naik. Maklum saja, penderita akan mengalami sejumlah gejala seperti, mulut terasa asam, kembung, mual, dada seperti terbakar, dan rasa nyeri di ulu hati. 

Walaupun bisa menyerang siapa saja, Anda bisa meminimalisasi risiko naiknya asam lambung dengan cara menjalankan pola hidup sehat. 

Namun, untuk Anda yang sudah menderita asam lambung bisa mengonsumsi obat untuk meredakannya. Asal tahu saja, obat asam lambung cukup banyak dijual di apotek dan toko ritel modern. 

Opsi lainnya, Anda bisa mengonsumsi obat herbal untuk menetralkan kadar asam lambung. Cukup banyak obat herbal yang berkhasiat sebagai obat asam lambung. 

Bahan alami untuk efektif menurunkan asam lambung tinggi 

Belakangan obat herbal tengah jadi idola masyarakat. Mereka lebih senang mengonsumsi obat herbal karena dipercaya lebih aman dan minim efek samping. 

Selain itu, obat herbal juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. 

Berikut obat herbal yang dipercaya ampuh meredakan asam lambung Anda. 

1. Air kelapa

Melansir dari Kompas.com, air kelapa baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. 

Sebab, air kelapa mengandung kalium yang berperan untuk menjaga keseimbangan PH dalam tubuh serta mengontrol kadar asam lambung dan mengurangi risiko refluks lambung.  

2. Jahe merah 

Melansir dari Nakita.grid.id, jahe merah memiliki efek farmakologis antiinflamasi atau antiradang.

Efek tersebut yang membuat jahe merah bisa menurunkan kadar asam lambung. Tidak hanya itu, jahe merah memiliki sifar gastroprotek yang berperan untuk melawan bakteri jahat penyebab asam lambung. 

3. Lidah buaya 

Lidah buaya efektif meredakan asam lambung. Berdasarkan penelitian sari lidah buaya yang dimurnikan dan dihilangkan warnanya ampuh meredakan gejala asam lambung. 

Berdasarkan penlitian yang dilakukan pada tahun 2015 lalu. Jus lidah buaya efektif mengurangi gejala naiknya kadar asam lambung.

Perlu Anda ketahui, penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya sebagai obat herbal asam lambung. Alasannya, lidah buaya memiliki efek memperkuat efek pengobatan diabetes yang menimbulkan rendahnya gula darah. 

4. Temulawak 

Mengutip buku berjudul Khasiat & Manfaat Temulawak: Rimpang Penyembuh Aneka Penyakit karya Efi Afifah, temulawak mengandung kurkumin, minyak asiri, pati, selulosa, dan mineral yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. 
     
Salah satu manfaat temulawak sebagai tanaman herbal adalah sebagai obat maag. Temulawak mengandung selulosa yang membantu proses pencernaan. 

Tidak hanya itu, temulawak juga mengandung flavanoid dan kurkumin yang berperan menangkap radikal bebas serta melindungi mukosa (dinding) lambung. 

5. Mentimun

Mentimun lazim digunakan sebagai pelengkap menu makanan. Mentimun juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan membuat minuman segar. 

Faktanya, mentimun dipercaya efektif meredakan asam lambung. 

Melansir dari buku berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 5 karya Setiawan Dalimartha, mentimun mengandung banyak vitamin dan mineral. 

Buah mentimun mengandung vitamin B dan C. selain itu mentimun bagian buahnya juga mengandung saponin, isoquercitrin, cucurbaticin, karoten, asam amino, kalisum, fosfor, dan enzim pencernaan. 

Sedangkan mentimun bagian daunnya mengandung cucurbitacin C dan stigmasterol. Mentimun bagian bijinya banyak mengandung minyak lemak dan karoten. 

Untuk mengobati asam lambung, bagian mentimun yang dimanfaatkan adalah buahnya. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup mengonsumsi dua potong mentimun segar yang sudah dikupas dan dibuang bijinya dua jam sekali. 

6. Pepaya 

Pepaya tenar sebagai buah kaya serat yag berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Namun, siapa sangka bila pepaya juga bermanfaat sebagai obat herbal asam lambung. 

Pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan meredakan gejala asam lambung seperti panas di bagian perut atas sampai dada (heartburn). 

Manfaat pepaya sebagai obat asam lambung sudah diuji dalam sebuah penelitian. Dr George Herschell memberikan jus pepaya kepada 12 pasien asam lambung. 

Hasilnya, 10 pasien sembuh dari penyakitnya, satu orang merasa kondisinya lebih baik, dan satu pasien lainnya merasa kondisinya tidak membaik. 

7. Kunyit 

Siapa yang tidak kenal dengan kunyit. Rempah-rempah yang satu ini memang cukup populer di tanah air. 

Umumnya kunyit dimanfaatkan sebagai salah satu bahan membuat jamu dan juga menu masakan.

Mengutip dari Kompas.com, kunyit dipercaya efektif meredakan asam lambung Anda. Bagian yang digunakan sebagai obat herbal asam lambung adalah rimpang kunyit. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda tumbuk kunyit kering sampai menjadi bubuk. Setelah itu Anda seduh 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan air hangat. 

Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit secara berlebihan karena bisa memicu mual, diare, dan alergi pada kulit. 

8. Pala 

Pala salah satu rempah-rempah yang cukup tersohor di tanah air. Sudah bukan rahasia bila pala sering dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Mengutip dari situs Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), pala bermanfaat sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan asam lambung, suara serak, dan menghentikan mual serta muntah.  

Para penderita asam lambung bisa memanfaatkan biji pala untuk meredakan penyakitnya saat kambuh. 

Mengutip Jurnal berjudul Manfaat Kesehatan Tanaman Pala karya Lisna ROsalia Agaus, Reski Vinalia Agaus, biji pala bersifat karminatif, stomakik, stimulan, spasmolitik, antiemakik alias antimual.

9. Temu putih 

Temu putih memang tidak sepopuler kunyit. Namun, manfaat temu putih tidak kalah dengan kunyit. Salah satu manfaat temu putih adalah meredakan asam lambung. 

Namun Anda tidak bisa asal mengonsumsi temu putih untuk meredakan asam lambung. Sebab ada cara yang tepat mengolah temu putih sebagai obat herbal asam lambung. 

Berikut cara mengolah temu putih untuk meredakan asam lambung dikutip dari situs Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Kementerian Pertanian. 

Bahan

  • Rimpang temu putih tujuh keping 
  • Air secukupnya 

Anda cuci bersih rimpang temu putih. Kemudian, Anda seduh rimpang temu putih dengan air mendidih. Anda minum sehari sekali. Anda bisa mengulang untuk minum air seduhan temu putih selama 14 hari. 

Perlu Anda ingat, perempuan hamil tidak dianjurkan untuk minum air rebusan temu putih ini. 

10. Madu 

Sudah jadi rahasia umum bila madu mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah meredakan asam lambung. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda campurkan satu sendok teh madu dengan segelas air hangat dan minum segera. 

Untuk mencegah asam lambung naik, Anda sebaiknya minum satu sendok teh madu sebelum makan dan sebelum tidur. 

11. Kayu manis 

Dalam sebuah penelitian dinyatakan kayu manis mampu menurunkan kadar asam dan pepsin dalam usus. 

Selain itu, bubuk kayu manis dipercaya bisa menurunkan kadar karbon dioksida di dalam perut yang membuat pencernaan bisa bekerja dengan baik. 

Anda bisa memilih salah satu bahan alami di atas untuk meredakan asam lambung. Sebaikanya Anda mengonsumsi bahan alami tersebut secukupnya. 

Baca Juga: Sakit asam lambung sering kambuh, ketahui dan hindari penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×