kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asam Lambung Kumat Bisa Langsung Reda dengan Buah Pepaya, Ini Kandungannya


Jumat, 11 November 2022 / 07:41 WIB
Asam Lambung Kumat Bisa Langsung Reda dengan Buah Pepaya, Ini Kandungannya
ILUSTRASI. Saat asam lambung kumat, Anda bisa meredakannya dengan mengonsumsi buah pepaya.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat asam lambung kumat, Anda bisa meredakannya dengan mengonsumsi buah pepaya. Cara ini jadi solusi untuk Anda yang enggan minum obat dari dokter untuk meredakan asam lambung. 

Sudah bukan rahasia bila buah pepaya jadi obat herbal untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun, siapa sangka buah pepaya juga ampuh meredakan asam lambung.  

Buah pepaya mengandung vitamin dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Melansir Medical News Today, satu buah pepaya berukuran sedang bisa mencukupi 224 persen kebutuhan vitamin C per hari. 

Baca Juga: Madu ampuh meredakan asam lambung, begini cara konsumsinya

Selain vitamin C, buah pepaya juga mengandung vitamin A, E, K, folat, mineral magnesium, tembaga, antioksidan beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan likopen, kalsium, dan potasium. 

Buah pepaya termasuk buah yang mengandung kadar asam rendah, sehingga bisa dikonsumsi penderita asam lambung. 

Manfaat pepaya untuk asam lambung

Melansir Good Housekeeping, kadar asam lambung naik dipengaruhi oleh beberapa hal seperti mengonsumsi gorengan, makanan yang mengandung pengawet, makanan pedas, asam, kafein, dan minum obat-obatan tertentu. 

Umumnya, para penderita asam lambung akan minum obat resep dokter untuk meredakan asam lambung. Alih-alih mengonsumsi obat kimia, penderita bisa mengonsumsi buah pepaya untuk meredakan asam lambung. 

Enzim papain dalam pepaya membantu melancarkan pencernaan. Ahli gizi pendiri Top Balance Nutrition AS, Maria Bella, M.S., R.D menjelaskan, enzim dan serat dalam pepaya bisa meredakan gejala asam lambung seperti panas hebat di perut atas sampai dada (heartburn). 

Ahli farmasi sekaligus penulis buku The People’s Pharmacy, Joe Graedon, lewat situs resminya mengulas manfaat pepaya untuk mengatasi asam lambung telah dikenal sejak ratusan tahun. 

Graedon menyebut, studi di The British Medical Journal tanggal 3 April 1886 mengulas temuan Dr. George Herschell yang memberikan jus pepaya kepada 12 pasien asam lambung. 

Dr Herschell memberikan gambaran, pasiennya memiliki keluhan nyeri lambung parah dan asam lambung gampang naik setelah makan.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan 10 pasien yang mengalami gejala asam lambung sembuh total, satu pasien melaporkan kondisinya lumayan, dan satu pasien tidak merasa kondisinya membaik. 

Saat ini, penelitian lanjutan terkait manfaat pepaya untuk asam lambung masih minim. Kendati masih minim bukti valid, selama tidak alergi dengan getah pepaya, tidak ada salahnya penderita penyakit asam lambung mengonsumsi pepaya. 

Selain itu, penderita penyakit asam lambung juga perlu mengelola stres, makan dalam porsi kecil tapi sering, dan menghindari pantangan.(Mahardini Nur Afifah) 

Baca Juga: Asam lambung naik? Redakan dengan minuman berikut ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manfaat Pepaya untuk Mengatasi Asam Lambung Naik", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×