kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asam jawa bisa membantu menurunkan kolesterol, kaya antioksidan


Senin, 08 November 2021 / 18:00 WIB
Asam jawa bisa membantu menurunkan kolesterol, kaya antioksidan


Reporter: Helvana Yulian | Editor: Helvana Yulian

KONTAN.CO.ID - Asam jawa atau tamarin adalah tumbuhan khas daerah tropis yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Sebagai bumbu dapur, ternyata asam jawa mengandung banyak nutrisi. 

Sebagai salah satu rempah pilihan yang sering digunakan dalam bumbu masakan, asam jawa ternyata menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan Anda. 

Tentu, manfaat ini bisa didapatkan dengan maksimal apabila Anda mengonsumsinya melalui cara yang sehat. Makan permen atau minuman kemasan rasa asam jawa, tidak akan memberikan manfaat tanaman ini secara maksimal. 

Di balik ukurannya yang tidak seberapa besar, manfaat asam jawa untuk kesehatan ternyata cukup beragam, seperti di bawah ini. 

Baca Juga: Voucher gramasi emas diharapkan dongkrak pendapatan Trimegah Karya Pratama (UVCR)

1. Mampu mengontrol diabetes

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji, asam jawa terbukti berguna untuk mengatasi diabetes. Manfaat asam jawa ini didapatkan dari ekstrak bijinya, yang mampu menurunkan kadar gula darah puasa pada hewan uji tersebut. 

2. Memperlancar pencernaan

Salah satu manfaat asam jawa untuk kesehatan adalah untuk melancarkan pencernaan, bagi Anda yang sedang mengalami konstipasi. Anda bisa mencampur asam jawa dengan lemon dan madu atau meminum air rebusannya. 

3. Kaya antioksidan

Antioksidan berperan penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Kandungan antioksidan dalam asam jawa juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. 

4. Membantu menurunkan berat badan

Selain dapat mengurangi risiko penyakit diabetes, ternyata mengonsumsi asam jawa juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Dilansir dari Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, asam jawa termasuk dalam kategori buah-buahan tropis yang dapat menurunkan risiko obesitas.  

Obesitas merupakan kondisi ketika kadar lemak tubuh seseorang meningkat secara berlebihan, terutama di dalam jaringan lemak. 

5. Mempercepat penyembuhan luka

Kulit dan daun asam jawa, seringkali disebut dalam literatur yang membahas mengenai penyembuhan luka maupun abses atau nanah. 

Secara tradisional, manfaat asam jawa ini biasanya didapatkan dengan cara merebus atau menumbuknya menjadi bubuk, untuk kemudian dioleskan ke luka. 

Namun, perlu diperhatikan lagi jika Anda ingin mencoba cara tradisional tersebut. Sebab, ada risiko lain yang mungkin muncul, terutama apabila daun dan batang asam jawa yang digunakan, kurang bersih. 

Baca Juga: Kenali penyebab tenggorokan kering setelah bangun tidur

Perlu diingat, terlalu banyak mengonsumsi asam jawa berisiko meningkatkan kadar gula darah dan bisa menimbulkan gangguan pencernaan. 

Jadi, konsumsi asam jawa secukupnya saja. Jangan sampai, usaha untuk mendapatkan manfaat asam jawa justru berbalik menimbulkan gangguan untuk kesehatan kita. 

Selanjutnya: Hindari Makanan Ini Jika Anda Mempunyai Alergi Telur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×