kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Kanker Serviks Dapat Dicegah? Ini Penjelasan Dokter RS Siloam


Jumat, 18 Februari 2022 / 14:07 WIB
Apakah Kanker Serviks Dapat Dicegah? Ini Penjelasan Dokter RS Siloam
ILUSTRASI. kanker serviks


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka memperingati hari Kanker sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 4 Februari, Siloam Hospitals Mataram menyelenggarakan bincang-bincang seputar kesehatan dengan tema Deteksi Dini dan Pencegahan beberapa jenis kanker, seperti kanker Nasofaring, kanker Payudara, dan kanker Kandungan.

Acara yang dikemas melalui Zoominar ini menghadirkan beberapa Narasumber, yaitu dr. I Made W. Mahayasa, Sp.OG (K) Onk dokter Spesialis kandungan konsultan onkologi dari Siloam Hospitals Mataram, memaparkan dalam materinya bahwa menurut data WHO pada tahun 2018 kanker serviks merupakan kasus dengan kematian yang tertinggi untuk Prevalensi Kanker pada wanita di Indonesia.

Sementara data menurut Globocan 2020, menyebutkan kanker serviks memiliki kontribusi sebesar 24,5% atau sebanyak 2.261.419 kasus dari jumlah penderita kanker di dunia. "Angka kematian wanita di dunia cukup tinggi karena setiap 2 menit, 1 wanita meninggal karena kanker serviks dan di Indonesia 1 wanita meninggal setiap 1 jam," tuturnya.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Kanker yang Rentan Menyerang Wanita

Sementara itu dalam kasus Kanker Kandungan yang paling banyak dan sering dialami pada wanita umumnya adalah kanker serviks, yang disebabkan karena virus umum yaitu Human Papilloma Virus (HPV).

Kanker Serviks bukanlah penyakit keturunan, dan berisiko pada perilaku seksual dengan aktivitas seksual yang dilakukan di bawah usia 20 tahun, multi partner, dan kutil kelamin. Serta dapat disebabkan karena kebiasaan merokok dan imunitas rendah, serta melahirkan di usia terlalu muda.

Apakah kanker serviks dapat dicegah?

Kanker Leher rahim atau Serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling dapat dicegah dan paling dapat disembuhkan dari semua jenis kanker asalkan diketahui pada stadium awal atau dini.

Skrining rutin menjadi hal yang sangat penting yaitu untuk pencegahan sehingga dapat diobati dan mengurangi angka kematian. Deteksi dini dapat dilakukan melalui metode Pap Smear, IVA, Kolposkopi, dan Pemeriksaan HPV DNA yang tetap bisa dilakukan meskipun sudah pernah vaksinasi. Karena vaksin tidak memberikan perlindungan terhadap semua tipe HPV yang menyebabkan kanker serviks.

Sementara itu dalam materi yang dipaparkan oleh dr. Mochamad Alfian, Sp.THT-KL (K) Onk, FICS Spesialis THT Konsultan Onkologi Siloam Hospitals Mataram, bahwa kanker Nasofaring sulit diketahui karena gejalanya sering kali baru muncul ketika sudah di tahap lanjut.

"Nasofaring merupakan salah satu bagian dari tenggorokan. Posisinya terletak di belakang rongga hidung dan di balik langit-langit mulut. Penderita kanker Nasofaring dapat mengalami gangguan dalam berbicara, mendengar, ataupun bernafas," imbuhnya.

Baca Juga: Catat, 5 Gejala Umum Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Gejala umum yang dialami yaitu gangguan saraf, tinitus, hidung tersumbat, telinga terasa penuh, dan ludah bercampur darah. Serta 80% kasus pada pasien usia 30 - 60 tahun. Untuk mengatasinya dokter akan menggunakan metode Terapi radiasi dan Kemoterapi.

Dalam kasus kanker payudara dr. Wahyu NS, Sp.B (K) Onk Spesialis bedah Onkologi mengatakan bahwa faktor risiko biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun, Haid pertama usia kurang dari 12 tahun, berhenti menopause pada usia di atas 50 tahun, tidak menyusui dan tidak mempunyai anak.

Untuk pencegahan dapat dilakukan dengan metode deteksi dini melalui cara pola hidup sehat dengan olahraga rutin dan teratur, dan lakukan kontrol secara berkala serta medical check up untuk mengetahui perkembangan kesehatan setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×