kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Jalan Kaki Harus 10.000 Langkah Per Hari? Cek Manfaatnya Untuk Kesehatan


Senin, 09 Oktober 2023 / 11:10 WIB
Apakah Jalan Kaki Harus 10.000 Langkah Per Hari? Cek Manfaatnya Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Apakah Jalan Kaki Harus 10.000 Langkah Per Hari? Cek Manfaatnya Untuk Kesehatan


Reporter: Adi Wikanto, Christ Penthatesia | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan - Jakarta. Para ahli kesehatan menyarankan olahraga jalan kaki 10.000 langkah per hari. Apakah olahraga jalan kaki harus 10.000 langkah per hari? Lalu apa saja manfaat jalan kaki untuk kesehatan?

Dilansir dari Kompas.com, jumlah langkah kaki yang sehat dan paling baik adalah 10.000 langkah per hari. Namun, banyaknya langkah yang dilakukan saat melakukan olahraga jalan kaki ternyata tergantung dari aktivitas yang dimiliki.

Menurut Healthline, orang dewasa yang aktif cenderung memiliki 4.000 hingga 18.000 langkah setiap hari, dan 10.000 langkah adalah jumlah yang ideal untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Jumlah langkah per hari juga dipengaruhi oleh tingkat aktivitas yang dilakukan, seperti apakah Anda lebih sering duduk dan berapa lama waktu olahraga yang dilakukan setiap hari.

Misalnya, Anda yang lebih sering duduk dan jarang berolahraga dikategorikan memiliki aktivitas ringan. Sebaliknya, Anda yang memiliki pekerjaan yang menuntut Anda lebih sering berjalan atau berolahraga masuk ke dalam kategori sedikit aktif.

Baca Juga: Durasi Ideal Jalan Kaki untuk Mendapatkan Manfaat yang Maksimal

Kategori aktivitas yang dimilili sesuai dengan jumlah langkah setiap hari, yakni:

  • Aktivitas dasar: di bawah 2.500 langkah
  • Aktivitas sangat sedikit: 2.500 hingga 4.999 langkah
  • Aktivitas ringan: 5.000 hingga 7.499 langkah
  • Sedikit aktif: 7.500 hingga 9.999 langkah
  • Aktif: 10.000 hingga 12.499 langkah
  • Sangat aktif: lebih dari 12.500 langkah

Meskipun begitu, Anda diimbau untuk berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah sehari untuk menjaga kesehatan secara umum. Namun, bukan berarti jika jumlah langkah kurang dari itu Anda tidak bisa mendapatkan manfaat jalan kaki.

Menurut Kementerian Kesehatan, jalan kaki sebanyak 7.500 langkah sehari juga sudah cukup untuk menurunkan beberapa risiko penyakit kronis, seperti diabetes, hipertensi, dan depresi. Tentunya, manfaat lebih besar bisa dirasakan jika Anda lebih aktif bergerak.

Menurut Medical News Today, menambah langkah secara bertahap terbukti efektif memberikan manfaat untuk kesehatan. Anda yang berjalan kaki 8.000 langkah per hari memiliki risiko 51 persen lebih kecil untuk mengalami kematian dini. Sedangkan Anda yang berjalan kaki 12.000 langkah sehari memiliki risiko 65 persen lebih kecil untuk mengalami kematian dini.

Meskipun masing-masing orang memiliki tingkat aktivitas yang berbeda, Anda tetap diimbau untuk menambah jumlah langkah kaki yang dilakukan secara bertahap untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan

Berjalan termasuk dalam olahraga ringan yang tentu saja sesuai untuk siapapun dan di umur berapapun. Disamping itu, olahraga ini juga merupakan olahraga yang murah dan mudah selain berlari. Anda dapat melakukan olahraga ini dirumah maupun diluar rumah juga, lo.

Manfaat yang didapat dari olahraga satu ini juga banyak. Nah, berikut ini adalah fakta-fakta mengenai manfaat jalan kaki yang perlu Anda ketahui.

Mampu membakar kalori

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan yang pertama adalah membakar kalori. Hanya dengan berjalan, kalori dalam tubuh Anda dapat mengalami proses pembakaran. Jika Anda sedang dalam program diet namun memiliki kesulitan dalam melakukan olahraga berat, maka berjalan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Melansir dari halaman Health Line, kalori yang terbakar dalam tubuh dipengaruhi oleh kecepatan berjalan, jarak jalan yang Anda tempuh, jalur yang Anda tempuh, dan berat badan Anda. 

Meningkatkan kesehatan tubuh

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan yang kedua adalah meningkatkan kesehatan tubuh. Halaman Better Health menyatakan bahwa dengan berjalan selama 30 menit sehari, kesehatan rata-rata pada tubuh Anda akan meningkat. Kebugaran kardiovaskular Anda akan meningkat, kekuatan tulang bertambah, mengurangi lemak tubuh, dan menambah kekuatan otot.

Di samping itu, resiko penyakit diabetes tipe 2, osteoporosis, dan penyakit jantung juga dapat diminimalisir dengan rutin melakukan olahraga ini. 

Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan yang ketiga adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan berjalan, kemungkinan untuk terkena flu atau demam ternyata dapat diminimalisir. Health Line menyatakan dalam lamannya bahwa berjalan selama 30-45 menit dalam ritme sedang dapat mengurangi 43% kemungkinan sakit terkena flu dan penyakit pernafasan lainnya.

Jika Anda mengalami kesusahan untuk berjalan di luar rumah, Anda dapat menggunakan treadmill atau tangga di rumah Anda untuk melakukan olahraga yang bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh ini.

Menumbuhkan kreatifitas

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan yang keempat adalah menumbuhkan kreatifitas. Berjalan merupakan kegiatan olahraga yang dapat dilakukan dimana pun termasuk di lingkungan perumahan atau kebun yang luas. Suasana yang tenang dan segar saat melakukan olahraga ini dapat membuat pikiran jernih dan meningkatkan pikiran kreatif Anda.

Melakukan olahraga ini bersama teman maupun keluarga juga dapat membantu Anda berpikir jernih mengenai permasalahan yang mungkin sedang Anda hadapi. Karena dapat membantu Anda berpikir jernih.

Itulah berbagai manfaat olahraga jalan kaki untuk kesehatan. Mulai hari ini, mari kita jalan kaki minimal 7.500 langkah tiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×