kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Ceker Ayam Mengandung Kolesterol? Catat Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi


Rabu, 01 Februari 2023 / 05:15 WIB
Apakah Ceker Ayam Mengandung Kolesterol? Catat Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apakah ceker ayam mengandung kolesterol? Simak cara mengatasi kolesterol tinggi pada wanita dan pria tanpa obat.

Banyak orang yang bertanya-tanya "apakah ceker ayam mengandung kolesterol". Benarkah makan ceker ayam bisa meningkatkan kolesterol?

Hal ini menyusul banyaknya panangan berbahan ceker yang dijual di masyarakat. Akhir-akhir ini, banyak pengusaha kecil yang mengolah ceker ayam menjadi jajanan ringan.

Ada juga franchise yang menawarkan menu ceker ayam. Ceker ayam dapat pula diolah menjadi camian misalnya keripik ceker dan ceker crispy yang digunakan sebagai camilan.

Lalu, apakah ceker ayam mengandung kolesterol?

Baca Juga: Ciri-Ciri Kolesterol Di Usia Muda Berdasarkan Kuku, Cek Ramuan Penurun Kolesterol

Dalam website resmi Universitas Muhamadiya (UM) Surabaya, Ahli Gizi UM Surabaya Tri Kurniawati menjelaskan ceker ayam memiliki kadar air sebesar 65,08 %, lemak sebesar 3,90 %, protein sebesar 20,10 %, dan kadar abu sebesar 8,16 %. Ceker ayam diketahui mengandung 19 asam amino diantaranya yaitu asam aspartat, glutamin, hidroksiprolin, serin, glisin, histidin, arginin, treonin, alanine, prolin, tirosin, valin, metionin, sistin, ileusin, fenilalanin, triptofan dan lisin.

“Komponen terbesar penyusun ceker ayam adalah kolagen yaitu sebesar 5,64 % - 31,39 % atau sebesar 28,73 - 36,83 % dari total protein,”tutur Tri.

Ceker ayam diketahui memiliki 29 jenis kolagen yang berbeda dari kolagen dengan bentuk polimerik yang berbeda. Tipe kolagen yang menonjol dari kaki ayam yaitu kolegen tipe 1 yang memiliki 3 rantai polipeptida.

Karena hal tersebut ceker ayam memiliki beberapa manfaat bika dikonsusmi dalam jumlah yang wajar. Maksudnya wajar disini adalah tidak terlalu sering dan tidak terlalu banyak.

“Dikatakan sering apabila konsumsi lebih dari tiga kali dalam satu minggu dan dalam jumlah yang lebih dari satu porsi dan secara terus menerus,”imbuhnya.

Ceker ayam mengandung lemak tak jenuh sebesar 5,5 gram per 100 gram atau 60 % dari kebutuhan orang dewasa dan 100 gram ceker mengandung kolesterol sebanyak 84 mg atau 20 % dari kebutuhan harian orang dewasa.

“Jadi bila konsumsi ceker ayam dalam jumlah banyak atau sering akan menyebabkan peningakatan kolestrol yang bila terjadi secara terus-menerus akan menyebabkan badan mudah lelah bahkan pada akhirnya dapat menyebabkan gagal gantung atau stroke.” jelas Tri.

Jadi jelas bahwa ceker ayam mengandung kolesterol. Jangan makan ceker ayam secara berlebihan, agar tidak meningkatkan kolesterol dalam darah.

Cara mengatasi kolesterol tinggi pada wanita dan pria

Jika kolesterol dalam tubuh meningkat, perlu segera diturunkan. Dirangkum dari pemberitaan Kompas.com, berikut cara mengatasi kolesterol tinggi pada wanita dan pria tanpa obat:

1. Serat larut

Cara mengatasi kolesterol tinggi pada wanita dan pria tanpa obat yang pertama adalah perbanyak makan serat larut. Serat larut menurunkan penyerapan kolesterol dalam aliran darah Anda, sehingga bisa menurunkan kadarnya.

Jumlah serat harian yang direkomendasikan adalah:

  • Pria usia 50 tahun ke bawah: 38 gram
  • Pria usia di atas 50 tahun: 30 gram
  • Wanita usia 50 tahun ke bawah: 25 gram
  • Wanita usia di atas 50 tahun: 21 gram

Makanan sumber serta larut yang dapat mengatasi kolesterol tinggi meliputi: Jeruk: 1,8 gram Pir: 1,1-1,5 gram Persik: 1,0-1,3 gram Asparagus: 1,7 gram Kentang: 1,1 gram Roti gandum utuh (1 potong): 0,5 gram Oatmeal: 2,8 gram Kacang merah (175 mililiter): 2,6-3 gram

2. Psyllium

Cara mengatasi kolesterol tinggi pada wanita dan pria tanpa obat yang kedua adalah konsumsi psyllium. Psyllium adalah serat yang terbuat dari sekam biji tanaman plantago ovata. Anda bisa meminumnya dalam bentuk pil atau mencampurkannya ke dalam minuman atau makanan.

Mengambil psyllium secara teratur telah ditampilkan untuk menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Ini juga mengurangi sembelit dan dapat menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.

3. Fitosterol

Cara mengatasi kolesterol tinggi pada wanita dan pria tanpa obat yang ketiga adalah fitosterol. Fitosterol adalah lilin yang berasal dari tumbuhan. Zat ini mencegah usus Anda menyerap kolesterol.

Fitosterol secara alami hadir dalam biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Produsen makanan mulai menambahkan pitosterol ke makanan siap saji, seperti margarin dan yogurt.

4. Kedelai

Cara mengatasi kolesterol tinggi pada wanita dan pria tanpa obat yang keempat adalah konsumsi kacang kedelai. Kacang kedelai dan makanan yang diproduksi dengan bahan ini dapat sedikit menurunkan kolesterol jahat.

Makanan yang mengandung protein kedelai, termasuk kedelai rebus, tempe, tahu, dan susu kedelai. Ini semua adalah sumber protein tanpa lemak. Berarti memakan kedelai dan produknya bisa menggantikan makanan berlemak, seperti daging sapi. Sehingga, makan kedelai dapat menjadi obat alami untuk mengatasi kolesterol tinggi dalam aliran darah Anda.

5. Bawang putih

Cara mengatasi kolesterol tinggi pada wanita dan pria tanpa obat yang kelima adalah konsumsi bawang putih. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi bawang putih selama 1-3 bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Studi lainnya tentang keamanan dan efektivitas bawang putih yang menjadi obat alami untuk mengatasi kolesterol tinggi menemukan bahwa efek itu hanya bersifat sementara.

Itulah jawaban atas pertanyaan "apakah ceker ayam mengandung kolesterol". Gunakan cara mengatasi kolesterol tinggi pada wanita dan pria di atas jika merasakan peningkatan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×