Apakah boleh minum kopi setelah minum obat? Ini bahaya yang harus diwaspadai

Senin, 13 Desember 2021 | 06:42 WIB Sumber: Kompas.com
Apakah boleh minum kopi setelah minum obat? Ini bahaya yang harus diwaspadai

ILUSTRASI. Apakah boleh minum kopi setelah minum obat? Ini bahaya yang harus diwaspadai


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Jangan langsung minum kopi setelah konsumsi obat-obatan ataupun sebaliknya. Ada efek negatif bagi kesehatan jika minum kopi setelah konsumsi obat.

Meminum obat di antara sesapan kopi sangat berbahaya, kafein di dalam kopi akan bereaksi dengan senyawa-senyawa kimia dalam obat dan melahirkan beragam efek negatif. Meski kopi memiliki banyak khasiat untuk tubuh, namun menyesap kopi berdekatan dengan waktu minum obat akan menimbulkan interaksi yang memiliki efek negatif bagi tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2020 di Ehtiopia menyimpulkan bahaya dari interaksi kafein dan obat-obatan ini. Di studi tersebut dinyatakan bahwa kafein bisa mempengaruhi proses penyerapan, perombakan, distribusi dan pengeluaran obat dari dalam tubuh.

Purvi Parekh, seorang ahli medis dari Pennsylvania Amerika Serikat, mengatakan ada banyak efek samping dari pencampuran kafein dan obat-obatan medis. Oleh karena itu, jangan minum kopi setelah konsumsi obat atau sebaliknya.

Bahaya minum obat dengan kopi

Ketika Anda menyesap kopi berdekatan dengan waktu minum obat, kafein di dalam kopi bisa mengurangi efek atau khasiat dari obat-obatan yang ada. Melansir Eatthis, berikut ini jenis obat-obatan yang sebaiknya dijauhkan dari kafein yang terkandung dalam minuman kopi.

Baca Juga: Tanpa obat, begini 3 cara menurunkan gula darah tinggi di pagi hari

Jadi ketika mengonsumsi obat-obatan ini, sebaiknya batasi pengonsumsian kopi Anda dalam sehari-hari.

1. Obat tiroid

Obat pertama yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minuman kopi adalah obat tiroid. Obat tiroid sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi perut kosong. Dan setelah minum obat, usahakan perut tetap kosong selama 30 menit hingga satu jam agar penyerapan obat bisa maksimal.

2. Obat osteoporosis

Obat kedua yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minuman kopi adalah obat osteoporosis. Jika dikonsumsi bersamaan, kafein bisa menghilangkan khasiat dari obat-obatan osteoporosis.

Obat osteoporosis juga harus dijauhkan dari kafein. Ketika Anda menyesap kopi berdekatan dengan obat ini, maka keefektifan obat akan berkurang drastis. Baca juga: Cara Mengatasi Tremor dan Anxiety karena Efek Kebanyakan Kafein

3. Obat asam lambung

Obat ketiga yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minuman kopi adalah obat asam lambung. Obat asam lambung baik diminum di pagi hari ketika perut belum kemasukan minuman dan makanan. Ketika Anda tetap mengonsumsi kopi setelah minum obat asam lambung, maka kandungan asam dari kopi bisa merusak khasiat obat yang ada.

4. Obat-obatan jantung

Obat keempat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minuman kopi adalah obat jantung. Kafein yang bersifat diuretic jangan diminum ketika Anda tengah mengonsumsi obat-obatan untuk jantung. Kandungan kafein dalam kopi bisa mengganggu penyerapan obat dan membuat keefektifan obat berkurang sangat banyak.

5. Obat darah tinggi

Obat kelima yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minuman kopi adalah obat darah tinggi. Obat-obatan untuk tekanan darah tinggi mengandung senyawa diuretic, membuat Anda sering kencing. Ketika digabungkan dengan kopi, maka efek ini akan semakin menjadi-jadi dan mengganggu tidur malam Anda.

6. Obat flu dan demam

Obat keenam yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minuman kopi adalah obat flu dan demam. Beberapa obat-obatan penurun demam mengandung stimulan. Ketika digabung dengan kafein dari kopi, maka efek stimulan ini akan menjadi berkali-kali lipat lebih kuat dan membuat Anda susah beristirahat. Mengutip penelitian yang diterbitkan di Critical Reviews in Food Science and Nutrition, minuman terbaik untuk menelan obat tentu saja adalah air mineral.

Karena minuman-minuman lain seperti kopi, jus buah dan minuman soda, bisa menghambat penyerapan obat atau malah meningkatkan efek obat berkali-kali lipat sehingga justru membahayakan tubuh Anda.

Demikianlah daftar obat yang tidak boleh dikonsumsi setelah minum kopi. Jadi, jangan minum kopi setelah konsumsi obat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahayanya Mengonsumsi Obat dan Kopi dalam Waktu Berdekatan",


Penulis : Inten Esti Pratiwi
Editor : Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru