kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,63   -8,92   -0.98%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Bersepeda Menurunkan Berat Badan? Cek Waktu Olahraga yang tepat Turunkan Bobot


Selasa, 30 April 2024 / 07:09 WIB
Apakah Bersepeda Menurunkan Berat Badan? Cek Waktu Olahraga yang tepat Turunkan Bobot
ILUSTRASI. Bersepeda efektif untuk menurunkan berat badan karena bisa membakar kalori sekitar 200 hingga 300 kalori per 30 menit


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Apakah Bersepeda Menurunkan Berat Badan- Jakarta. Apakah bersepeda bisa menurunkan berat badan? Cek juga waktu olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Olahraga adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Saat olahraga, kalori terbakar sehingga bisa menurunkan berat badan.

Dilansir dari Kompas.com, bersepeda adalah salah satu olahraga yang dapat menurunkan berat badan. Oleh karena itu, Anda disarankan olahraga bersepeda secara rutin jika ingin menurunkan berat badan.

Bersepeda sangat efektif menurunkan berat badan. Dengan bersepeda 30 menit, Anda dapat membakar kalori sekitar 200 hingga 300 kalori.

Selain bersepeda, berikut daftar olahraga yang efektifk untuk menurunkan berat badan:

  • Berenang

Olahraga renang merupakan salah satu olahraga aerobik yang mampu banyak membakar kalori. Melakukan olahraga ini dalam waktu 30 menit dapat membakar kalori sekitar 198 hingga 294 kalori.

Baca Juga: Inilah Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Pagi

  • Senam

Jika Anda lebih menyukai olahraga tim yang dilakukan dengan banyak orang dengan alunan musik yang membuat Anda lebih bersemangat, maka senam aerobik seperti zumba bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengecilkan perut buncit. Dengan senam aerobik 30 menit, Anda dapat membakar sebanyak 180 hingga 270 kalori.

  • Kickboxing

Jenis olahraga ini merupakan jenis olahraga yang menggabungkan berbagai metode ilmu bela diri. Dengan melakukan kickboxing selama 30 menit, Anda dapat membakar sekitar 240 hingga 350 kalori.

  • HIIT

HIIT atau High Intensity Interval Training merupakan olahraga aerobik yang cukup populer saat ini. Olahraga ini termasuk olahraga intensitas berat yang dilakukan dengan waktu singkat. Dengan melakukan olahraga ini selama 30 menit, Anda bisa membakar kalori sebanyak 257 kalori.

Waktu olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan

Olahraga untuk menurunkan berat badan tidak boleh dilakukan pada waktu sembarangan. Nyatanya, ada waktu tertentu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan.

Diberitakan Kompas.com, laman Eating Well menyebutkan waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan adalah pagi hari, yakni pada pukul 7-9 pagi. Studi menunjukkan, olahraga di pagi hari terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh sepanjang hari.

Akibatnya, tubuh akan membakar lebih banyak kalori selama dan setelah berolahraga. Metabolisme adalah proses saat tubuh akan mengubah makanan menjadi energi. Dengan adanya peningkatan metabolisme tubuh, maka penurunan berat badan akan lebih mudah terjadi.

Selain meningkatkan metabolisme tubuh, olahraga di pagi hari juga mampu membakar lemak berlebih dalam tubuh. Hal ini karena pada saat Anda berolahraga di pagi hari, perut dalam keadaan kosong sehingga simpanan lemak akan terbakar. Hal ini menjadi cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Profesor di Departemen Olahraga dan Ilmu Olahraga di University of North Carolina Chapel Hill, Anthony Hackney mengatakan, pada pagi hari hormon akan memengaruhi metabolisme lemak dengan lebih baik. "Secara alamiah, manusia memiliki kadar kortisol dan hormon pertumbuhan yang tinggi di pagi hari. Keduanya terlibat dalam metabolisme sehingga Anda akan mengambil lebih banyak energi dari cadangan lemak,” kata Hackney, dilansir dari Time.

Hal ini berpotensi membantu menurunkan berat badan. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari memiliki nafsu makan yang lebih sedikit sepanjang hari. Penurunan nafsu makan tentu saja sangat dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat yang sama juga akan diperoleh ketika Anda berolahraga sebelum pukul 7 pagi.

Penelitian yang diterbitkan di Journal of Physiology menemukan, berolahraga lebih pagi membantu tubuh untuk tidur lebih awal. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kebiasaan begadang dan mendapat waktu istirahat yang cukup untuk bangun keesokan harinya dengan bugar.

Itulah penjelasan bersepeda dapat menurunkan berat badan serta waktu olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×