Apa perbedaan BB Cream VS CC Cream, lebih baik mana untuk dipilih?

Kamis, 04 November 2021 | 11:15 WIB   Reporter: Ana Risma
Apa perbedaan BB Cream VS CC Cream, lebih baik mana untuk dipilih?

KONTAN.CO.ID - Saat ini, produk makeup semakin beragam jenisnya. Untuk bagian complexion saja, entah sudah berapa banyak produk yang beredar di pasaran.

Beberapa produk complexion yang populer di tengah masyarakat selain foundation adalah BB Cream dan CC Cream. Meskipun memiliki nama yang mirip, namun kedua produk ini jelas berbeda dilihat dari berbagai aspek.

Nah, supaya tidak salah beli, inilah perbedaan antara BB Cream dan CC Cream yang patut Moms ketahui sebagaimana dilansir dari L'Oreal Paris dan Olay.

Baca Juga: Epidemiolog ingatkan perkuat protokol kesehatan untuk cegah kasus impor Covid-19

BB Cream

1. Pengertian BB Cream

BB Cream adalah singkatan dari Beauty Balm atau Blemish Balm Cream. Produk ini memiliki kegunaan untuk melembabkan, melindungi, dan memperbaiki tampilan kulit.

Mulai populer di Korea Selatan pada pertengahan tahun 1980-an, BB Cream pertama kali dibuat di Jerman pada tahun 1960-an untuk membantu pemulihan pasien dari perawatan laser dan operasi.

Dibandingkan foundation, BB Cream memiliki coverage yang lebih tipis sehingga lebih cocok untuk digunakan sehari-hari. Selain itu, produk ini juga pas digunakan oleh siapa saja yang menganut skinimalisme atau menyukai no makeup look.

2. Waktu penggunaan BB Cream

BB Cream aman digunakan secara teratur setiap hari. Sebagai salah satu produk kecantikan paling serbaguna yang ada di pasaran, BB Cream sangat berguna untuk meningkatkan penampilan wajah secara instan ketika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menggunakan pelembab, primer, dan foundation.

Cukup mengoleskan sedikit BB Cream (sebaiknya yang ber-SPF), Anda pun dapat tampil flawless dalam sekejap.

CC Cream

1. Pengertian CC Cream

CC Cream adalah singkatan dari Color Correcting atau Complexion Corrector Cream. Sesuai namanya, CC Cream dapat menetralkan tampilan imperfection wajah dengan cara memanfaatkan warna yang berlawanan satu sama lain pada roda warna. Misalnya, warna hijau untuk meng-cancel warna merah dan warna peach / oranye untuk meng-cancel lingkaran hitam di bawah mata.

CC Cream memiliki hasil akhir yang hampir sama seperti Anda menggunakan color correcting concealer dan foundation. Alih-alih menggunakan color correcting concealer dan foundation, CC Cream bisa Anda andalkan untuk menangani warna kulit tidak merata sekaligus memberikan coverage yang dibutuhkan hanya dalam satu produk.

2. Waktu penggunaan CC Cream

Saat Anda tidak ingin memakai banyak makeup atau sedang buru-buru, CC Cream akan sangat berguna. Menawarkan coverage yang lebih tinggi dari BB Cream, CC Cream cenderung memiliki formula yang lebih tebal dan lebih berat. Kendati demikian, produk ini pas Anda pilih untuk membantu menyamarkan ketidaksempurnaan wajah seperti bintik hitam atau kemerahan yang ingin Anda sembunyikan.

Sebisa mungkin, carilah CC Cream yang diformulasikan dengan sunscreen berspektrum luas untuk memberikan proteksi tambahan pada kulit. Jangan lupa juga untuk melakukan blending supaya hasil akhir dari CC Cream yang Anda gunakan mulus. Anda bisa mengaplikasikan CC Cream menggunakan jari atau spons kemudian ratakan dengan gerakan melingkar.

Perbedaan BB Cream dan CC Cream

Setelah menyimak penjelasan di atas, perbedaan paling signifikan antara BB Cream dan CC Cream terletak pada tingkat coverage dan kegunaannya. BB Cream memiliki coverage yang ringan (light), sementara CC Cream memiliki coverage yang lebih tinggi (medium to full).

Untuk kegunaannya, BB Cream berguna untuk menciptakan tampilan makeup yang alami, memberikan perlindungan terhadap matahari, sekaligus memberikan hidrasi tambahan. Sedangkan CC Cream berguna untuk membantu memperbaiki warna kemerahan, bintik-bintik gelap, atau kulit pucat.

Itulah perbedaan antara BB Cream dan CC Cream. Setelah mengetahuinya, jangan sampai salah pilih lagi ya Moms!

Selanjutnya: Ingin asam urat reda? Konsumsi aneka sayuran ini

Editor: Ana Risma
Terbaru