kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Kegunaan Etilen Oksida dan Bahayanya Bagi Kesehatan?


Rabu, 26 April 2023 / 11:43 WIB
Apa Kegunaan Etilen Oksida dan Bahayanya Bagi Kesehatan?
ILUSTRASI. Etilen Oksida adalah salah satu zat yang termasuk dalam golongan Bahan Bahaya Beracun (B3). REUTERS/Beawiharta/File photo


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Etilen Oksida adalah salah satu zat yang termasuk dalam golongan Bahan Bahaya Beracun (B3). Hal itu menurut UU no. 32 Tahun 2009. 

B3 adalah zat energi, dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup. 

Dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain. Departemen Kesehatan Taipei pada Senin (24/4/2023) kemarin merilis hasil pemeriksaan terhadap mi instan yang tersedia di negara tersebut pada tahun 2023.

Baca Juga: Begini Tanggapan Indofood Soal Temuan Zat Pemicu Kanker di Indomie Rasa Ayam Spesial

Dalam sebuah pernyataan, mereka mengungkapkan bahwa Mi Kari Putih Ah Lai dari Malaysia dan mi Indomie Rasa Ayam Spesial dari Indonesia ditemukan mengandung etilen oksida. Etilen oksida sendiri merupakan senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia.

Dikutip dari Kompas.com (26/4/2022), Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang menanggapi temuan zat pemicu kanker di produk Indomie Rasa Ayam Spesial oleh Departemen Kesehatan Taipei. 

Franciscus mengatakan, pihaknya selalu mengikuti persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh negara pengimpor sebelum mengirim produk. Hal ini sesuai dengan prinsip perusahaannya. 

Baca Juga: Taiwan Umumkan Indomie Rasa Ayam Spesial Mengandung Zat Pemicu Kanker

Bahkan, lanjut dia, pihaknya juga patuh akan persyaratan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh BPOM. "Pada prinsipnya kita mengikuti prasyarat dan ketentuan BPOM dan juga standar badan kesehatan negara pengimpor," ujar Franciscus Welirang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/4/2023).

Sayangnya, Franciscus masih belum banyak bicara soal temuan tersebut. Namun, dia memastikan bahwa pihaknya masih akan terus menyelidiki temuan tersebut.

Lantas, etilen oksida digunakan untuk apa? Lalu, apa bahaya etilen oksida bagi tubuh manusia? 

Baca Juga: Produk Mie Sedaap Ditarik dari Singapura Hingga Malaysia, Ini Kata Wings Food

Etilen oksida digunakan untuk apa?  

Etilen oksida digunakan untuk membunuh bakteri dan jamur pada makanan di India dan Kanada.

Etilen oksida digunakan untuk membunuh bakteri dan jamur pada makanan di India dan Kanada. Namun, banyak negara yang telah melarang zat tersebut ada di bahan makanan karena bahaya etilen oksida bagi tubuh.  

Dirangkum dari laman GeneCraft Labs, etilen oksida berbentuk gas, tidak berbau maupun berwarna sehingga, sulit untuk dideteksi. 

Baca Juga: Mie Sedaap Ditarik dari 3 Negara, BPOM Lakukan Uji Sampling

Kandungan etilen oksida kerap kali ditemukan pada rempah-rempah, jamu, buah yang dikeringkan, es krim, kacang-kacangan, dan selai. Sementara di Indonesia, etilen oksida digunakan untuk sterilisasi rempah-rempah.

Hal itu dilakukan karena adanya kontaminasi kotoran hewan, bulu hewan pengerat, dan bagian serangga pada rempah-rempah. 

Kontaminasi tersebut, dapat menyebabkan rempah-rempah mudah membusuk. Bahkan, etilen oksida juga digunakan untuk mengawetkan buah kering, seperti buah plum kering.

Baca Juga: Geger Obat Sirup Terkontaminasi EG & DEG, Pendataan Produk Recall BPOM Susah Dicari?

Bahaya etilen oksida bagi kesehatan

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (U.S. EPA) mengklasifikasikan etilen oksida dalam grup B1 (senyawa bersifat karsinogenik). 

Sebab, ditemukan bahwa bahaya etilen oksida pada manusia bisa menimbulkan efek otot lemas, mual, muntah, diare, sesak napas, sakit kepala, dan disfungsi neurologis.

Baca Juga: Seperti Apa Bahaya Etilen Oksida Penyebab Mie Sedaap Ditarik di Singapura?

Efek beratnya atau bahaya etilen oksida lebih lanjut dapat menyebabkan leukimia, aborsi spontan, neurotoksisitas, serta sindrom saluran napas akut.

Dirangkum dari laman Universitas Katolik Soegijapranata, bahaya etilen oksida dalam bentuk cair dapat menyebabkan iritasi kulit yang parah dan berkepanjangan.  

Demikian penjelasan mengenai temuan etilen oksida di Indomie Rasa Ayam Spesial, etilen oksida digunakan untuk apa saja, serta bahaya etilen oksida. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×