CLOSE [X]

Apa Itu Stunting dan Penyebabnya? Simak Penjelasannya di Sini

Senin, 11 Juli 2022 | 15:52 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Stunting dan Penyebabnya? Simak Penjelasannya di Sini

ILUSTRASI. Apa Itu Stunting dan Penyebabnya. ANTARA FOTO/Feny Selly/hp.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, ada beberapa penyebab stunting yang perlu dicermati.

Nah, stunting mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan, kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. 

Baca Juga: Cegah Stunting, Dexa Group Gandeng BKKBN Lewat Produk OMAI

Padahal genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. 

Anak stunted, bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya (bertubuh pendek/kerdil) saja, melainkan juga terganggu perkembangan otaknya, yang mana tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif.

Stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah. Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting.

Baca Juga: Bisa Menyerang Sejak Anak-Anak, Ini Cara Mencegah Penyakit Jantung Kardiovaskular

Penyebab stunting pada anak

Apa Itu Stunting dan Penyebabnya

Dirangkum dari laman Kemenkes, sejumlah penyebab stunting adalah:

  • Penyebab stunting adalah rendahnya akses terhadap makanan bergizi, rendahnya asupan vitamin dan mineral, dan buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani.
  • Selanjutnya, penyebab stunting adalah ibu yang masa remajanya kurang nutrisi, bahkan di masa kehamilan, dan laktasi akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh dan otak anak.
  • Faktor lainnya yang menjadi penyebab stunting adalah terjadi infeksi pada ibu, kehamilan remaja, gangguan mental pada ibu, dan hipertensi. 
  • Kemudian, penyebab stunting adalah jarak kelahiran anak yang pendek. 
  • Terakhir, penyebab stunting adalah rendahnya akses terhadap pelayanan kesehatan termasuk akses sanitasi dan air bersih menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan anak.

Demikian penjelasan mengenai apa itu stunting dan penyebab stunting. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru