CLOSE [X]

Apa Itu Retinol? Kenali Fungsi, Efek Samping, dan Manfaat Retinol

Rabu, 03 Agustus 2022 | 09:48 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Retinol? Kenali Fungsi, Efek Samping, dan Manfaat Retinol

ILUSTRASI. Retinol.


KONTAN.CO.ID - Retinol adalah salah satu bahan perawatan kulit yang paling terkenal di pasaran. Retinol adalah turunan dari vitamin A. Fungsi retinol untuk mengobati beberapa masalah kulit seperti jerawat. 

Vitamin A memiliki banyak jenis turunan, namun retinol merupakan sebutan untuk turunan vitamin A yang masih dalam bentuk murni. Selain itu, ada sejumlah manfaat retinol untuk kulit. 

Manfaat retinol salah satunya adalah membantu menetralisir radikal bebas, meningkatkan produksi elastin dan kolagen, serta menciptakan efek mengencangkan kulit.

Lantas, apa saja manfaat dan fungsi retinol? 

Baca Juga: 4 Bahan Skincare yang Tidak Boleh Digabung dengan AHA BHA

Fungsi retinol 

Dirangkum dari laman Healthline, berikut adalah sejumlah fungsi retinol sebagai kandungan dalam perawatan kulit:

  • Mengurangi munculnya  garis-garis halus, keriput, dan pori-pori membesar. 
  • Mengurangi bintik hitam akibat paparan sinar Matahari dan tanda-tanda kerusakan kulit lainnya yang disebut photoaging. 
  • Meratakan tekstur kulit tidak merata, melasma, dan jenis hiperpigmentasi lainnya. 
  • Membantu mengobati jerawat serta jaringan parut terkait. 

Untuk mencapai hasil terbaik dari produk perawatan kulit yang mengandung retinol, coba gunakan setiap hari. Mungkin perlu beberapa minggu hingga melihat peningkatan yang signifikan pada kulit wajah setelah rutin menggunakan produk perawatan yang mengandung retinol.

Namun, retinol memiliki efek pengelupasan pada permukaan kulit yang dapat membantu memperbaiki tekstur dan warna kulit.

Baca Juga: Simak 5 Tips Perawatan Skincare Agar Kulit Awet Muda

Manfaat retinol

Retinol

Dirangkum dari laman Gramedia, berikut adalah sejumlah manfaat retinol:

1. Mengatasi jerawat

Manfaat retinol yang pertama adalah membantu mengatasi jerawat. Retinol dapat membuka pori-pori kulit sehingga obat jerawat dapat terserap dengan baik ke dalam kulit.

Selain itu, retinol juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih, sekaligus membersihkan tumpukan keringat, kotoran, dan sisa make up yang bisa menyumbat pori-pori kulit. 

Nah, pori-pori kulit yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat. Sehingga, salah satu manfaat retinol adalah mampu mencegah munculnya jerawat.

Baca Juga: Tak Hanya Segar, Ini 4 Manfaat Mengkonsumsi Nanas bagi Kesehatan!

2. Menunda penuaan

Selanjutnya, manfaat retinol adalah mampu menunda penuaan. Seiring dengan pertambahan usia membuat produksi kolagen di dalam tubuh akan semakin berkurang. Sementara itu, manfaat kolagen bagi kesehatan kulit, yaitu membuat kulit terasa lebih kenyal dan tampak awet muda.

Menurut penelitian yang dimuat oleh JAMA Dermatology, penggunaan retinol selama berbulan-bulan secara rutin dapat menghaluskan garis-garis halus, kerutan pada wajah, serta menghambat tanda-tanda penuaan. Hal ini disebabkan karena retinol, terutama tretinoin, membantu tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen dan merangsang aliran darah di bawah kulit.

Studi lain yang dimuat di dalam Journal Investigative Dermatology menyatakan fakta lainya. Selain untuk memperlambat penuaan, manfaat retinol juga dapat mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV matahari. 

3. Mengendalikan gejala psoriasis

Retinol jenis tazarotene diyakini memiliki manfaat khusus untuk para penderita psoriasis. Manfaat retinol terbukti dapat mengendalikan psoriasis dengan cara memperlambat pertumbuhan sel kulit, meredakan bengkak dan kemerahan, mengatasi psoriasi pada kuku, dan menipiskan lapisan kulit yang tebal dan bersisik.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 4 Alasan Sebaiknya Mulai Gunakan Cleansing Balm!

4. Meratakan warna kulit

Salah satu manfaat retinol adalah dapat mengatasi hiperpigmentasi. Hal ini berdasarkan studi yang dimuat dalam Clinical Interventions in Aging

Hiperpigmentasi adalah kondisi munculnya bercak gelap pada kulit akibat adanya produksi melanin secara berlebihan. Sementara melanin adalah pigmen pemberi warna kulit. Semakin tinggi melanin pada kulit, semakin gelap warna yang dihasilkan.

Masalah hiperpigmentasi biasanya muncul karena kulit terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Pemakaian skincare yang mengandung retinol dapat membantu meratakan warna kulit dengan membantu regenerasi sel kulit dan menghambat produksi melanin. Hal ini menyebabkan kulit bisa terlihat lebih cerah, sehat, dan merata.

5. Menghilangkan milia

Kemudian, manfaat retinol adalah dapat menghilangkan milia. Milia adalah benjolan-benjolan kecil yang pada kebanyakan kasus, tumbuh di sekitar dahi, hidung, dan kelopak mata.

Serum retinol, khususnya dari jenis tretinoin, diyakini dapat membantu menghilangkan milia. Dengan adanya retinol, tekstur kulit akan lebih rata karena milia terkikis dan mencegah pertumbuhan benjolan-benjolan baru.

Baca Juga: Bikin Kulit Glowing, Ini 4 Manfaat Rutin Pakai Retinol!

6. Memperbaiki tekstur kulit dan melembapkannya

Manfaat retinol juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan melembapkannya. Pada umumnya pergantian kulit mempunyai siklus dalam waktu 3-4 pekan lamanya. 

Seiring dengan pertambahan usia, siklus tersebut bisa jadi memakan waktu lebih panjang. Siklus pergantian kulit yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teksturnya terasa kasar. 

Pemakaian retinol secara rutin dan jangka panjang dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Di samping itu, retinol juga dapat meningkatkan hidrasi kulit, sehingga wajah tidak tampak kering dan kasar.

Baca Juga: Memasuki Usia 30 Tahunan, 5 Tips Perawatan Skincare Agar Kulit Awet Muda

7. Mengatasi rosacea atau warna kulit memerah

Kemudian, manfaat retinol adalah dapat mengatasi masalah kulit yang ditandai dengan warna kulit memerah. Penyakit kulit ini pada umumnya dialami oleh perempuan pada rentang usia 30 sampai 50 tahun.

Bagian tubuh yang seringkali diserang adalah pipi, dagu, hidung, dan dahi. Selain menimbulkan efek kemerahan pada kulit, rosacea juga dapat menimbulkan benjolan kecil berwarna merah dan berisi nanah. 

Pembuluh darah yang berada di bawah kulit juga terlihat dengan jelas. Gejala lainnya adalah kulitmu terasa perih seperti terbakar dan menjadi kasar. 

Terkadang juga diiringi dengan adanya masalah pada mata seperti iritasi, mata kering, bengkak, dan kelopak mata merah disertai bengkak. Gejala tersebut dapat berlangsung selama beberapa pekan, bahkan berbulan-bulan. 

Penggunaan retinol dipercaya dapat menjadikan kulit lebih sehat karena peredaran darah lebih lancar. Para Dermatologist menyarankan pemakaian retinol untuk rosacea dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam sepekan secara rutin. 

Baca Juga: Inilah Waktu Terbaik Suntik Serum Vitamin C untuk Kecantikan Kulit

Efek samping retinol 

Retinol

Meskipun retinol disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), namun penggunaannya tidak bebas dari efek samping. Umumnya, efek samping retinol adalah kulit menjadi kering dan teriritasi, terutama ketika baru mencoba menggunakan retinol.

Efek samping retinol lainnya mungkin termasuk:

  • Kulit kemerahan
  • Rasa gatal
  • Kulit mengelupas

Baca Juga: 5 Tips Skincare Agar Tetap Awet Muda Memasuki Usia 30 Tahun

Untuk mengurangi efek samping retinol ini, coba gunakan retinol dua atau tiga hari sekali di malam hari, dan tingkatkan hingga menggunakannya setiap malam. Karena risiko sensitivitas matahari, retinol paling baik digunakan pada malam hari.

Jika kulit masih mengalami iritasi, lebih baik hentikan penggunaan retinol dan temui dokter kulit. Risiko munculnya efek samping akibat penggunaan retinol akan semakin besar jika Anda menggunakan lebih dari satu produk yang mengandung retinol secara bersamaan. 

Baca label produk dengan saksama, terutama jika Anda menggunakan kombinasi produk berlabel “anti-penuaan” atau untuk jerawat, yang kemungkinan besar mengandung retinol.

Demikian penjelasan mengenai retinol, fungsi retinol, manfaat retinol, dan efek samping retinol yang sebaiknya Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru