Apa Itu Nifas? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan di Masa Nifas

Kamis, 04 Agustus 2022 | 13:28 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Nifas? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan di Masa Nifas

ILUSTRASI. Larangan masa nifas.


KONTAN.CO.ID - Masa nifas adalah masa pemulihan pasca-persalinan hingga seluruh organ reproduksi wanita pulih kembali sebelum kehamilan berikutnya. Masa nifas ini berlangsung sekitar 6-8 minggu pasca-persalinan. 

Dirangkum dari laman Kanal Pengetahuan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, hal-hal yang perlu diperhatikan saat masa nifas antara lain, suhu, pengeluaran lochea, payudara, traktur urinarius, dan sistem kardiovaskuler. 

Selain dari segi klinik ibu, kondisi kejiwaan ibu paska persalinan juga harus selalu dipantau dan diberi dukungan.

Bukan hanya itu, meski ibu sudah dinyatakan baik-baik saja setelah melahirkan dan diperbolehkan pulang, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama masa nifas.

Lantas, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan selama masa nifas dan larangan masa nifas? 

Baca Juga: Berikut Ini Sederet Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Hal yang perlu diperhatikan di masa nifas 

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan selama masa nifas:

  • Melakukan kontrol/ kunjungan minimal 4 kali, yaitu pada 6 jam, 6 hari, 2 minggu, dan 6 minggu setelah persalinan.
  • Memeriksa tekanan darah, perdarahan pervaginam, kondisi perineum, tanda infeksi, kontraksi uterus, tinggi fundus, dan temperatur secara rutin.
  • Menilai fungsi berkemih, fungsi cerna, penyembuhan luka, sakit kepala, rasa lelah, dan nyeri punggung.
  • Pastikan kondisi psikologis ibu baik. Bagaimana suasana emosinya, pastikan mendapat dukungan dari keluarga, pasangan, dan masyarakat untuk perawatan bayinya.
  • Mendapatkan vaksin tetanus bila perlu.
  • Memberikan edukasi untuk menemui dokter jika terjadi perdarahan berlebihan, sekret vagina berbau, demam, nyeri perut berat, kelelahan atau sesak, bengkak di wajah dan alat gerak, serta payudara terasa nyeri atau bengkak.

Baca Juga: Ini 4 Faktor Penyebab Utama Kanker Paru-Paru yang Sering Disepelekan

Kondisi klinis ibu yang perlu diperhatikan selama masa nifas antara lain suhu, tidak boleh mengalami peningkatan hingga lebih dari 38 derajat Celcius. 

Bila terjadi selama 2 hari berturut-turut curigai adanya infeksi dan ibu dianjurkan segera ke dokter. Amati perubahan payudara, apakah lebih nyeri, kencang, atau membengkak meski sudah digunakan untuk menyusui. 

Bila hal tersebut terjadi segera menuju dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. Selain itu, buang air kecil sering dirasa sulit pada 24 jam pertama karena mengalami kompresi antara kepala bayi dan tulang pubis ibu selama persalinan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu nifas dan hal yang perlu diperhatikan selama masa nifas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru