kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Itu Merkuri? Ini Ciri-ciri Wajah Terkena Merkuri dan Bahayanya Bagi Tubuh


Jumat, 15 Juli 2022 / 10:22 WIB
Apa Itu Merkuri? Ini Ciri-ciri Wajah Terkena Merkuri dan Bahayanya Bagi Tubuh
ILUSTRASI. Merkuri dan Ciri-ciri Wajah Terkena Merkuri. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/pras/17.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Merkuri adalah bahan kimia yang digunakan dalam krim pemutih wajah. Namun, apa itu merkuri?

Merkuri memiliki warna putih (fase cair) atau abu-abu (fase padat) dengan simbol Hg yang bisa ditemukan di kerak Bumi. Dikutip dari Instagram resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), merkuri adalah racun tahan urai, dapat terakumulasi dalam tubuh, dan menyebabkan gangguan kesehatan, seperti kerusakan organ tubuh dan kanker. 

Penambahan merkuri pada produk kosmetika dilarang namun sayangnya bahan ini masih sering ditemukan dalam produk skincare lantaran memiliki efek instan memutihkan wajah. 

Sehingga, diperlukan pemutusan rantai supply merkuri pada produk kosmetika. Salah satunya yakni Badan POM melakukan pengawasan post market terhadap kosmetika, baik yang diedarkan secara langsung di sarana distribusi maupun secara daring. 

Pengawasan dilakukan secara menyeluruh untuk mengawal kosmetika agar tetap memenuhi persyaratan keamanan, kemanfaatan, dan mutu. Lantas, apa saja bahaya dan efek penggunaan merkuri bagi kesehatan? 

Baca Juga: Lebih Mahal dari Ikan, Budidaya Udang Digandrungi Hingga Luar Jawa

Bahaya merkuri 

Apa itu merkuri dan ciri-ciri wajah terkena merkuri

Dirangkum dari jurnal Universitas Airlangga, merkuri yang masuk dalam tubuh dapat ditemukan dalam eritrosit dan plasma darah. Merkuri akan terakumulasi pada ginjal yang menjadi lokasi utama akumulasi merkuri organik. 

Merkuri bisa juga terakumulasi pada sel-sel selaput lendir saluran cerna. 

Selain itu, bahaya merkuri juga bisa menimbulkan kerusakan organ dalam seperti gagal ginjal, kerusakan pada sistem saraf, kerusakan pigmen kulit, dan kelainan pada bayi baru lahir jika digunakan oleh ibu hamil. 

Baca Juga: Konsumsi Rutin, 5 Asupan Nutrisi Ini Wajib untuk Ibu Hamil

Ciri-ciri wajah tekena merkuri

Sementara itu, ciri-ciri wajah terkena merkuri adalah kulit terasa panas, gatal, dan wajah menjadi merah saat terkena paparan sinar matahari. 

Kondisi tersebut akibat lapisan kulit terluar yaitu bagian luar yaitu epidermis telah menipis dan kulit tidak mendapat perlindungan dari melanin karena penggunaan merkuri dalam krim pemutih.

Demikian penjelasan mengenai apa itu merkuri, bahaya merkuri, dan ciri-ciri wajah terkena merkuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×