Apa itu herd immunity dan bagaimana mencapainya dengan vaksinasi?

Jumat, 06 Agustus 2021 | 15:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa itu herd immunity dan bagaimana mencapainya dengan vaksinasi?

ILUSTRASI. Gerai vaksinasi Presisi didirikan untuk memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat secara gratis sebagai upaya terwujudnya kekebalan kelompok (Herd Immunity)./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/30/07/2021.

KONTAN.CO.ID - Herd immunity adalah ketika suatu populasi dapat terlindung dari virus atau penyakit tertentu jika suatu ambang cakupan imunisasi atau vaksinasi tertentu tercapai. 

Herd immunity atau kekebalan kelompok juga dapat memberikan perlindungan tidak langsung bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut. 

Dirangkum dari laman resmi WHO atau World Health Organization dan Kementerian Kesehatan, dalam konsep kekebalan kelompok atau herd immunity artinya saat sebagian besar penduduk divaksinasi, bisa menurunkan jumlah keseluruhan virus yang dapat menyebar ke seluruh populasi. 

Sehingga, tidak semua orang perlu diimunisasi atau divaksinasi agar terlindungi. Hal ini membantu memastikan bahwa kelompok-kelompok rentan yang tidak dapat diimunisasi tetap aman.

Baca Juga: Ekonomi AS membaik ditandai dengan penurunan angka pengangguran

Persentase orang yang perlu memiliki antibodi untuk mencapai kekebalan kelompok terhadap suatu penyakit berbeda-beda dari satu penyakit ke penyakit lain.

Misalnya, jika 80% populasi kebal terhadap suatu virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh. 

Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat dikendalikan. Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok.

Sebagai contoh, untuk mencapai kekebalan kelompok terhadap campak, sekitar 95% populasi harus diimunisasi. 

Sementara 5% penduduk lain akan terlindungi karena campak tidak akan menyebar di antara orang-orang yang diimunisasi. Untuk polio, ambangnya adalah sekitar 80%.

Nah, itulah pengertian mengenai herd immunity

Selanjutnya: Ada vaksinasi Covid-19 di seluruh Polres Jateng, ini cara mendaftar dan jadwalnya

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru