Apa itu Diabetes Tipe 1? Simak Juga Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Pasien Diabetes

Sabtu, 03 Desember 2022 | 09:04 WIB Sumber: P2PTM Kemenkes RI,Kompas.com
Apa itu Diabetes Tipe 1? Simak Juga Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Pasien Diabetes

ILUSTRASI. Apa itu Diabetes Tipe 1? Simak Juga Cara Cepat Menurunkan Gula Darah Pasien Diabetes


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apa itu diabetes tipe 1? Lalu bagaimana cara menurunkan gula secara cepat pada pasien diabetes melitus?

Diabetes tipe 1 menjadi pertanyaan banyak netizen. Hal ini menyusul sejumlah pesohor yang dikabarkan menderita diabetes tipe 1.

Salah satunya adalah penyanyi Holywood yang menderita diabetes tipe 1. Lalu apa itu diabetes tipe 1? Apa bedanya diabetes tipe 1 dan 1?

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, diabetes melitus adalah salah satu penyakit kronis yang  bisa menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang cukup tinggi. International Diabetes Federation (IDF) menyebutkan bahwa prevalensi diabetes melitus di dunia adalah 1,9%.

Di Asia, Indonesia menduduki peringkat ke tiga terbesar setelah Cina dan India dan peringkat ketujuh di dunia menurut catatan WHO tahun 2016. Tak heran, di sekitar kita banyak orang yang menderita diabetes.

Diabetes melitus  adalah penyakit yang ditandai dengan terjadinya hiperglikemia dan gangguan metabolisme karbohidrat , lemak, dan protein yang dihubungkan dengan kekurangan secara absolut atau relatif dari kerja dan atau sekresi insulin.

Baca Juga: 11 Makanan dan Minuman yang Picu Gula Darah Tinggi alias Diabetes

Gejala akut penderita dengan diabetes melitus adalah : Polidipsia (banyak minum), poliuria (banyak/sering kencing di malam hari), polifagia (banyak makan), nafsu makan bertambah namun berat badan turun dengan cepat (5-10kg dalam waktu 2-4 minggu, dan mudah lelah.

Sedangkan gejala kronis diabetes melitus adalah kesemutan, kulit terasa panas atau seperti ditusuk tusuk jarum, rasa kebas dikulit, kram, kelelahan, mudah mengantuk, pandangan mulai kabur,gigi mudah goyah dan lepas, kemampuan seksual menurun bahkan pada pria bisa mengakibatkan impotensi, pada ibu hamil sering terjadi keguguran atau kematian janin dalam kandungan.

Tipe diabetes melitus

Penyakit diabetes memiliki dua jenis  tipe yang berbeda,. Ada penyakit diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

1. Diabetes tipe 1

Pada diabetes tipe 1 tubuh tidak memproduksi insulin sama sekali, hal ini disebabkan adanya autoimun yang membuat sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang ada dalam tubuh, termasuk Pankreas yang merupakan organ tubuh yang memproduksi insulin. Diabetes tipe 1 lebih banyak ditemukan pada anak-anak.

2. Diabetes tipe 2

Pada diabetes tipe 2 terjadi gangguan metabolik yang ditandai dengan kenaikan gula darah akibat dari penurunan sekresi insulin oleh sel beta pankreas dan atau gangguan fungsi insulin (resistensi insulin).

Apa penyebab diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 disebut juga diabetes juvenile karena biasanya didiagnosis pada orang dewasa muda atau anak-anak. Diabetes tipe 1 bisa juga disebut diabetes insulin-dependent, karena terapi insulin sangat penting untuk kelangsungan hidup dan pemeliharaan kesehatan penyandang.

Penyakit diabetes tipe 1 ini adalah penyakit bawaan yang tidak bisa dicegah ataupun disembuhkan, tetapi dapat dikendalikan.

Berikut beberapa cara menurunkan gula darah secara cepat pada penderita penyakit diabetes yang dilansir dari Kompas.com:

1. Suntik insulin

Cara cepat menurunkan gula darah untuk penderita diabetes yang pertama adalah suntik insulin. Suntik insulin adalah cara paling cepat untuk menurunkan kadar gula darah pasien diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Insulin adalah hormon yang membantu mengatur jumlah gula dalam darah atau glukosa. Tempat terbaik untuk menyuntikan insulin adalah pada perut, lengan, atau deltoid (otot yang menutupi bahu dan digunakan untuk mengangkat lengan ke samping) karena di bagian tersebut peningkatan aliran darah lebih besar dibandingkan area bokong atau paha.

Namun faktor seperti merokok, obesitas, dan aktivitas fisik yang rendah dapat menurunkan aliran darah subkutan dan memperlambat penyerapan insulin.

Selain suntik, ada pula jenis insulin inhalasi yang dapat dihirup oleh penderita diabetes. Uji klinis menunjukkan, insulin inhalasi memiliki manfaat serupa dalam mengatur gula darah, meski tidak seefektif yang suntik. Namun, insulin inhalasi lebih mahal daripada yang suntik dan tidak cocok untuk pasien asma, kanker paru-paru, atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

2. Minum obat tepat waktu

Cara cepat menurunkan gula darah untuk penderita diabetes yang kedua adalah minum obat penurun gula darah secara  tepat waktu. Obat-obatan yang digunakan untuk menjaga agar gula darah pasien diabetes dapat stabil, yaitu:

  • Symlin: obat diabetes yang bekerja dengan cara menunda proses pencernaan dan mengurangi sekresi glukagon (hormon sintetis yang digunakan untuk mengatasi kadar gula darah terlalu rendah pada penderita diabetes).
  • Precose: obat diabetes untuk menurunkan gula darah dengan mendukung kemampuan tubuh untuk memecah makanan mengandung gula dan tepung
  • Metformin: obat diabetes yang bekerja meningkatkan sensitivitas insulin di tubuh dengan mengurangi jumlah gula yang diproduksi hati dan diserap usus besar.

3. Olahraga

Cara cepat menurunkan gula darah untuk penderita diabetes yang ketiga adalah olahraga. Aktivitas fisik seperti olahraga adalah cara tercepat untuk menurunkan gula darah secara alami.

Hal itu karena olahraga dapat menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengubah glukosa menjadi energi. Olahraga menyebabkan kontraksi otot sehingga sel akan mengangkut glukosa dan menggunakannya sebagai sumber energi atau tenaga.

Hal ini secara langsung dapat mengurangi glukosa yang terdapat dalam darah. Hal yang menarik, efek ini dapat berlangsung hingga 24 jam setelah Anda berolahraga, sehingga Anda tak perlu cemas akan terjadinya kenaikan gula darah.

Agar mengetahui bagaimana tubuh Anda merespons olahraga, lakukan pemeriksaan gula darah secara rutin sebelum dan sesudah workout. Kemudian, Anda bisa menentukan jenis olahraga terbaik dengan mencatat perbedaan glukosa darah di antara aktivitas yang Anda jalani (seperti joging, renang, atau bersepeda).

4. Minum air putih

Cara cepat menurunkan gula darah untuk penderita diabetes yang keempat adalah minum air putih. Air adalah komponen penting dari manajemen diabetes karena membantu tubuh Anda mengeluarkan glukosa. Karena itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah kunci untuk menjaga kadar gula darah normal.

Pada hiperglikemia, Anda membutuhkan lebih banyak air putih atau cairan tanpa pemanis untuk membantu ginjal membuang kelebihan gula dari tubuh melalui urine. Orang yang kekurangan cairan dapat mengalami dehidrasi sehingga memaksa tubuh mengambil air dari sumber lain, seperti air mata dan liur. Selain itu, tubuh juga akan mengeluarkan gula dalam urine sehingga membuat dehidrasi semakin parah.

Itulah penjelasan tentang penyakit diabetes tipe 1 serta cara cepat menurunkan gula darah untuk penderita diabetes. Segera hubungi dokter jika gula darah melonjak tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru