kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angka Covid Meningkat, 3 Tanaman Herbal Ini Ampuh Meningkatkan Imunitas


Jumat, 23 Juli 2021 / 08:30 WIB
Angka Covid Meningkat, 3 Tanaman Herbal Ini Ampuh Meningkatkan Imunitas


Reporter: Helvana Yulian | Editor: Helvana Yulian

KONTAN.CO.ID - Tanaman herbal memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaat yang dimiliki beberapa tanaman herbal adalah menjaga sistem imunitas dalam tubuh. Di tengah lonjakan kasus Covid-19, menjaga sistem imunitas tubuh menjadi sesuatu yang penting dan wajib dilakukan. 

Dikutip dari BetterHealth, sistem imun dapat dimengerti sebagai susunan sel dan protein kompleks di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mempertahankan tubuh manusia dari infeksi bakteri.

Menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19 perlu dilakukan agar risiko terkena penyakit ini bisa berkurang. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mengonsumsi tanaman herbal secara rutin dan diimbangi dengan olahraga yang cukup.

Banyak orang yang suka mengonsumsi tanaman herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, baik itu dalam bentuk jamu, teh, maupun obat tradisional. Namun, di antara beragamnya tanaman herbal di Indonesia, mana saja yang terbukti dapat memperkuat daya tahan tubuh?  Berikut 3 tanaman herbal ini ampuh meningkatkan imunitas. 

Baca Juga: Tak Hanya Bikin Mabuk, Ini Manfaat Lain Catnip Untuk Kucing

Jahe merah

Jahe pada umumnya digunakan sebagai bahan masakan. Selain itu, jahe dikenal sebagai minuman yang bisa menjadi penghangat tubuh. Meskipun demikian, jahe juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Senyawa gingerol dan shogaol yang terkandung di dalamnya memiliki kandungan antioksidan yang kuat. 

Dalam situasi angka Covid meningkat, jahe sebagai tanaman herbal bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh saat diminum secara teratur.

Kunyit

Tanaman herbal ini mengandung senyawa aktif bernama kurkumin. Senyawa yang memberikan warna kuning secara alami ini sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan sistem penyerapan tubuh kita. Selain itu, kurkumin juga memiliki manfaat antiinflamasi dan bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Kunyit juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Inilah Tiga Cara Alami Mengatasi Masalah Ruam Kulit

Lengkuas

Glikosida kuersetin yang terkandung dalam lengkuas mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Lengkuas juga mampu meningkatkan proliferasi sel limfosit T dan aktivitas makrofag dalam tubuh. Lebih lanjut, senyawa galangin pada lengkuas mampu menghambat infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Lengkuas juga menjadi tanaman yang ampuh meningkatkan imunitas

Saat kondisi angka Covid-19 meningkat, tubuh butuh asupan untuk meningkatkan imunitasa agar virus tidak mudah masuk ke dalam tubuh. 3 tanaman ini bisa menjadi referensi tanaman herbal yangw ajib ada di rumah untuk amunisi menambah imunitas tubuh. Berikut penjelasan 3 tanaman herbal yang ampuh meningkatkan imunitas.

Selanjutnya: Obat yang Perlu Diminum dan Dihindari saat Isoman COVID-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×