Kesehatan Umum

Anda terserang influenza? Segara sembuhkan dengan cara berikut

Rabu, 22 April 2020 | 11:25 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Anda terserang influenza? Segara sembuhkan dengan cara berikut

ILUSTRASI. Ilustrasi. Orang sedang terkena influenza.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Influenza jadi salah satu penyakit yang sering muncul saat musim pancaroba dan penghujan. Namun, tidak perlu khawatir, ada cara ampuh untuk menyembuhkan Anda dari flu.

Influenza alias flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxoviridae. Virus ini menyerang saluran pernafasan, mulai  hidung, tenggorokan, sampai paru-paru. 

Anda sebaiknya jangan anggap enteng penyakit ini karena flu bersifat menular. Flu bisa menular ke orang sehat melalui percikan ludah (droplets) yang masuk ke dalam tubuh. 

Baca Juga: Anda menderita batuk kering? Tujuh bahan alami ini bisa jadi obatnya

Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia, mengatakan, gejala flu muncul secara mendadak. 

Orang yang terinfeksi flu biasanya akan menampakkan gejala demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, sakit kepala, nyeri otot, mudah lelah, dan muntah. 

Penyakit flu bisa dicegah dengan beberapa cara, salah satunya adalah menghindari kontak langsung dengan penderita flu. 

Namun, bila Anda sudah terinfeksi virus penyebab flu sebaiknya segera ambil tindakan. Anda tidak perlu memeriksakan diri ke dokter bila merasa memiliki daya tahan tubuh yang baik. 

Asal tahu saja, flu bisa sembuh dengan sendirinya setelah tiga sampai tujuh hari. Jangan santai dulu, Anda sebaiknya melakukan empat hal di bawah ini untuk mempercepat penyembuhan flu. 

Istirahat 

Anda sebaiknya istirahat dari aktivitas kantor beberapa hari. Dokter Santi mengatakan istirahat jadi salah satu cara yang efektif untuk melawan virus penyebab influenza. 

Selain itu, istirahat di rumah membuat Anda tidak sampai menularkan virus penyebab flu kepada rekan-rekan di kantor. 

Minum dan konsumsi makanan bergizi 

Anda sebaiknya banyak minum air putih atau mineral agar tubuh tidak sampai kekurangan cairan. Bila bosan, Anda bisa minum jus buah segar yang mengandung banyak vitamin. 

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam jus buah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mampu melawan virus penyebab flu.

Selain itu, Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan bergizi seperti sup sayur dengan daging. Makanan bergizi seimbang bisa menguatkan tubuh melawan virus. 

Jaga tubuh tetap hangat 

Selanjutnya, Anda harus menjaga tubuh dalam kondisi hangat. Anda sebaiknya tidak mandi bila merasa dingin. 

Anda gunakan selimut atau jaket untuk membuat tubuh selalu hangat. Selain itu, Anda bisa minum minuman hangat seperti air jahe atau teh. Minuman tersebut akan menghangatkan badan Anda. 

Minum obat dan antibiotik sesuai resep dokter 

Bila gejala flu semakin mengganggu Anda bisa minum obat penurun demam atau pereda gejala flu.

Hati-hati bila Anda hendak mengkonsumsi antibiotik. Asal tahu saja, antibiotik tidak bisa mencegah atau mempercepat penyembuhan flu. 

"Dokter memberikan antibiotik bila pasien menderita flu dengan infeksi akibat bakteri," kata Dokter Santi. 

Maka dari itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi antibiotik. 
 
Bila flu tidak kunjung sembuh dan kondisinya semakin parah, Anda sebaiknya segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. 

Baca Juga: Ini manfaat rutin minum air hangat untuk kesehatan

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru